Cara Membuat Email Baru di HP Android dan Laptop

cara membuat email baru di HP maupun laptop. Dengan memiliki akun yang terhubung ke Google, Anda bisa membuat akun di banyak situs hingga media sosial
cara membuat email

Gmail termasuk penyedia surat elektronik terpopuler mengungguli Yahoo maupun Outlook. Selain karena memiliki banyak pengguna, cara membuat email baru di Gmail juga sangat mudah, terlebih semua layanan bisa dinikmati secara gratis.

Bukan hanya sebatas syarat daftar medsos atau game saja, email termasuk alat komunikasi yang efektif untuk penggunaan pribadi maupun bisnis. Khususnya, sebagai bagian dari strategi marketing dalam rangka membangun koneksi.

Dengan berkembangnya ekonomi digital, sangat sulit membayangkan masyarakat atau perusahaan tidak memiliki alamat email. Nah, untungnya pada artikel ini Anda akan dipandu cara buat email Gmail yang gratis dan mudah.

Cara Membuat Email Baru atau Gmail di Laptop

cara membuat email baru

  1. Pertama masuk ke situs gmail.com Lalu klik buat akun.
  2. Isi kolom data yang diminta dengan benar, mulai dari nama, alamat email, dan kata sandi. Lalu klik tombol Berikutnya.
  3. Jangan lupa mencatat alamat email beserta Password agar tidak lupa ketika ingin login.
  4. Masukkan nomor hp aktif nanti akan ada SMS masuk yang berisi kode Verifikasi Google. Kemudian ketik kode tersebut di kolom yang tersedia.

cara membuat email di hp

5. Isi lagi data-data yang diminta, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email pemulihan (jika ada). Kalau tidak ingin menyertakan nomor hp, Anda bisa menghapus nomor tersebut karena sifatnya hanya Optional. Jika sudah klik Berikutnya.

cara membuat email di laptop

6. Anda akan masuk ke laman Privasi dan Persyaratan, langsung saja scroll layar dan klik Saya Setuju untuk menyelesaikan pendaftaran.

Sekarang Anda telah berhasil membuat akun email tanpa nomor hp, selanjutnya silahkan buka situs gmail.com dan otomatis Anda akan masuk ke halaman utama Gmail.

Konfirmasi email gmail

Jika ingin mengubah profil, mengimpor kontak, dan pengaturan lain, tinggal klik saja ikon-ikon yang tersedia. Khusus untuk profil, alangkah baiknya gunakan foto yang memperlihatkan identitas perusahaan atau diri Anda dengan jelas.

Cara Membuat Email Baru di HP

cara membuat email di hp
  • Pertama masuk ke Pengaturan di HP Android.
  • Kemudian ketuk menu Akun dan pilih Tambah Akun.
  • Setelah itu ketuk pada ikon atau tulisan Google dan pilih Baru (untuk membuat akun baru).
  • Pada kotak kolom, isi dengan nama depan dan nama belakang Anda, lalu klik Selanjutnya.
  • Ketik alamat email sesuai keinginan. Jika gagal berarti nama tersebut sudah dipakai, Anda bisa menggantinya atau menambahkan huruf lebih di belakang (misal namapanggilan@gmail.com).
  • Jika sudah, setting kata sandi dan jangan lupa untuk mencatatnya agar tidak lupa.
  • Setelah itu klik Berikutnya dan pilih pertanyaan keamanan untuk berjaga-jaga andai suatu saat lupa password (abaikan jika tidak ingin mengisi).
  • Klik Selanjutnya untuk menyingkronkan email dengan Smartphone.
  • Terakhir buka Gmail, ubah profil dan semua hal yang Anda inginkan.

Di atas adalah cara buat email baru di hp Samsung Grand atau Android versi lama. Kalau hp Anda versi terbaru, langkah di atas bisa di-skip dan simak ulasan di bawah ini.

1. Silahkan masuk ke aplikasi Gmail, kalau belum ada download dulu di Google Play gratis.

2. Klik Buat Akun Baru atau kalau di setting-an bahasa Inggris Create a New Account.

3. Kemudian isi kolom yang ada sesuai nama depan dan belakang, klik Selanjutnya.

langkah membuat email di hp android

4. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, klik Selanjutnya lagi.

5. Tentukan alamat email, kalau untuk keperlauan bisnis sebaiknya isi dengan nama pribadi atau nama bisnis yang sedang Anda kerjakan, klik Selanjutnya.

6. Masukkan kata sandi atau password dengan kombinasi angka dan huruf.

7. Lalu masukkan nomor telpon yang aktif untuk meningkatkan keamanan akun, juga agar pengiriman kode tidak gagal. Klik Yes, I’m in.

8. Sebenarnya kalau di-skip juga bisa, tapi nanti akun Anda tidak punya “benteng” untuk mengamankan akun.

9. Jika semua sudah sesuai, klik Agree.

10. Terakhir perbarui informasi akun.

Tidak sampai satu jam Anda sudah berhasil membuat sebuah email untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Jadi, mana yang lebih simpel, membuat email via browser atau hp?

Bagaimana Cara Membuat Email Baru di HP yang sudah ada Emailnya?

  1. Cari dan pilih icon tiga garis di aplikasi Gmail.
  2. Klik Pengaturan atau Settings.
  3. Pilih Add Account – Google – Next.
  4. Klik Or Create a New Account.
  5. Selanjutnya tinggal ikuti saja intruksi yang diberikan, tak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas.

Penutup

Memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia, Gmail sangat tepat dijadikan layanan pesan elektronik pilihan. Selain karena pendaftaran yang mudah, Anda bisa menggunakan email yang sama untuk menikmati semua layanan Google.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat email baru lewat hp dan laptop? Sekarang, dengan akun Gmail, pengguna bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan di dunia digital. Semoga bermanfaat!