Tips Cek VGA di Laptop Mudah Bisa di Coba Sendiri

Bagi para pencinta game, alangkah lebih baiknya mengetahui cara cek VGA laptop sebelum menginstall game di laptop.
cara cek vga laptop

VGA atau Video Graphics Array merupakan perangkat keras (hardware) yang berfungsi dalam menampilkan gambar pada layar monitor laptop/PC. Bagi para pencinta game, alangkah lebih baiknya mengetahui cara cek VGA laptop sebelum menginstall game di laptop.

Semakin besar kapasitas VGA dan prosesornya memadai, maka akan semakin bagus kualitas tamFpilan game di layar monitor. Begitu juga untuk para penyunting video dan gambar, VGA berkapasitas kecil akan mengganggu tampilan layar, yang artinya dapat mengganggu kinerja mereka.

Fungsi VGA pada Laptop dan PC

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, VGA pada laptop dan PC memiliki fungsi yang berkaitan dengan tampilan grafis pada layar monitor. Tanpa adanya VGA, pengguna komputer atau laptop akan sangat kesulitan bekerja karena tidak adanya penampil data.

Selain fungsi secara umum tersebut, VGA juga punya fungsi lain yang secara singkat dapat dilihat seperti di bawah ini.

VGA pada laptop dan komputer memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Menyimpan data-data yang ada di sebuah hardisk
  • Membuat sebuah gambar berkualitas bagus
  • Memproses semua grafis yang hendak ditampilkan ke monitor
  • Menerjemahkan output dari komputer ke layar monitor
  • Menggambar maupun mendesain grafis serta bermain game
  • Mengubah sinyal digital komputer menjadi tampilan grafis di layar monitor.
  • Menyuplai data prosessor untuk diproses kemudian
  • Melakukan pengaturan pada Graphics Option Windows
  • Membuat tampilan kombinasi grafis, kecepatan transfer, serta warna grafis agar lebih berkualitas
  • Membuat video atau gambar agar lebih cerah, tajam, dan terlihat lebih jelas

3 Cara Cek VGA Laptop

Sebelum menginstall game di laptop atau aplikasi grafis yang membutuhkan kejernihan tampilan, alangkah lebih baiknya untuk mengecek kapasitas VGA laptop terlebih dahulu. VGA yang usang juga tidak bisa dipakai untuk bermain game.

Untuk mengecek kapasitas VGA, berikut 3 cara yang bisa Anda gunakan, yakni menggunakan fitur bawaan laptop Windows maupun menggunakan aplikasi atau software yang harus diinstall terlebih dahulu.

Melalui Task Manager

Untuk pengguna laptop Windows 10, pengecekan VGA bisa dilakukan melalui Windows Task Manager. Caranya cukup mudah, yakni:

Klik kanan pada bagian taksbar (bagian bawah tampilan monitor laptop) yang kosong.
Klik opsi Task Manager.
Ketuk tab Performance.
Ketuk GPU yang ada di bagian paling bawah.
Status VGA laptop bisa Anda lihat di bagian atas paling kanan.

Melalui Dxdiag Windows

Jika Task Manager terlalu sulit untuk digunakan, Anda bisa menggunakan Dxdiag Windows untuk mengecek status VGA di laptop. Tak hanya itu, melalui opsi ini Anda juga bisa melihat spesifikasi laptop secara menyeluruh, termasuk status RAM dan yang lainnya.

Untuk menggunakan Dxdiag sebagai cara mengecek kapasitas VGA, ikuti langkah-langkah di bawah ini

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  • Di kolom pencarian Open, ketik "dxdiag" kemudian tekan tombol OK di sebelah kiri.
  • Tunggu sampai kotak dialog DirectX Diagnostic Tool muncul dan Anda bisa melihat kapasitas VGA di kotak dialog tersebut.

Menggunakan GPU Z

Cara terakhir yang paling mudah dan praktis adalah dengan menggunakan GPU Z. Cara ini bisa digunakan untuk Anda yang lebih memilih menggunakan software untuk mengecek spesifikasi laptop secara keseluruhan termasuk VGA.

Untuk menginstall aplikasi GPU Z ini, Anda bisa mengunjungi situs resminya. Setelah aplikasi terpasang pada laptop, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui kapasitas VGA dan spesifikasi laptop yang lainnya.

  1. Buka software GPU Z terlebih dahulu.
  2. Klik tab Graphics Card.

Informasi lengkap mengenai VGA dan yang lainnya bisa dilihat pada jendela aplikasi. Aplikasi atau software ini sangat berguna bagi Anda yang tidak paham dengan spesifikasi lengkap laptop yang digunakan.

Mengetahui spesifikasi laptop sangat penting, mengingat tiap kali hendak menginstall aplikasi atau software, terdapat keterangan mengenai kompatibel atau tidak pada suatu perangkat.

Beberapa cara cek VGA laptop di atas bisa Anda gunakan untuk mengecek kapasitas VGA yang ada pada laptop atau komputer. Setelah mengetahui kapasitas VGA tersebut, Anda bisa lebih yakin untuk menginstall sebuah aplikasi, baik untuk desain grafis maupun game.