Pentingnya Fungsi Email di Era Digital Saat Ini

fungsi email di era digital, Sebelum smartphone, masyarakat yang ingin berkomunikasi via teks hanya memiliki satu pilihan yakni menggunakan SMS.
fungsi email

Sebelum hadirnya smartphone, masyarakat yang ingin berkomunikasi via teks hanya memiliki satu pilihan yakni menggunakan SMS. Setelah itu, baru hadir pesan elektronik seperti Rocketmail, Hotmail, dan Yahoo.

Melewati beberapa dekade, akhirnya sebagian besar layanan tersebut tutup dan membuat citra Gmail semakin populer. 

Untuk memahami apa fungsi email di era digital, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

1. Menciptakan Identitas Diri

Yaps, email bisa berfungsi untuk menciptakan identitas diri. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah email sebaiknya gunakan alamat sesuai nama/perusahaan. Selain itu, jangan gunakan gabungan angka karena akan terlihat amatiran.

Kalau ingin lebih profesional, Anda juga bisa membuat email kustom menggunakan nama sendiri, contohnya contact@identitasanda.com

Tapi tentunya harus membeli sebuah ekstensi domain seperti .NET, .COM, atau .CO.ID dengan biaya yang beragam.

2. Sebagai Sarana Promosi Bisnis

Selain di media sosial, promosi produk juga bisa dilakukan via email. Meskipun termasuk cara jadul, namun email masih cukup efektif untuk menjangkau audiens dari beragam kalangan. 

Salah satu contohnya bisa dilihat di bagian Promosi pada laman Kotak Masuk.

3. Mendaftar di Banyak Situs/Media Sosial

Dengan memiliki email yang terhubung ke Google, Anda bisa membuat akun di banyak situs hingga media sosial tanpa harus melalui proses pendaftaran.

Baca Juga: Cara Membuat Email

Misalnyaa, akun e-commerce (Shopee, Tokped, Bukalapak), Youtube, Instagram, dan lain sebagainya.

4. Melamar Pekerjaan Online

Banyak perusahaan yang sudah meninggalkan cara kuno dalam hal menerima calon karyawan. Saat ini surat lamaran harus dikirim via email, berbeda dari sebelumnya yang dibuat pada selembar kertas beserta dokumen lain.

Nah, dengan begitu sangat penting memahami cara buat akun email baru agar tidak kesulitan ketika ada lowongan pekerjaan yang Anda minati.

5. Mengirim dan Menerima Pesan

Selain 4 daftar di atas, fungsi utama email tentu saja untuk mengirim dan menerima pesan, baik dari teman kuliah maupun klien bisnis. Biasanya, pengiriman pesan melalui email dilakukan oleh pengguna yang ingin mengirim file berukuran besar dalam jumlah banyak.