11 Aplikasi Screen Recorder Game Terbaik di Android 2022

Mau merekam gameplay game dengan kualitas tinggi? Simak deretan aplikasi screen recorder game terbaik di Android berikut ini.
aplikasi screen recorder game terbaik

Meskipun sering masuk trending di Youtube, namun membuat konten gaming bukan perkara mudah. Selain harus memenuhi syarat subscriber, perlengkapan yang dibutuhkan juga sangat banyak, salah satunya aplikasi screen recorder.

Seperti yang kita tahu, sejak hadirnya Free Fire hingga Mobile Legends, tak sedikit anak muda tertarik membuat konten Youtube. Terlebih, jika sudah di-monetisasi kita akan mendapatkan bayaran dari Adsense.

Nah, kalau kamu ingin merekam game di hp, ada banyak aplikasi screen recorder game terbaik di Android yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui daftarnya, simak ulasan berikut sampai tuntas, ya!

Daftar Aplikasi Screen Recorder Game Terbaik

1. XRecorder

Di daftar pertama ada XRecorder yang dikembangkan oleh InShot Inc. Aplikasi ini mampu merekam layar dan suara yang dihasilkan dari game dengan sangat jelas tanpa mengurangi kualitasnya. Selain itu, video rekaman bisa kamu simpan hingga resolusi 1080 pixels.

Keunggulan XRecorder dibanding APK perekam layar lainnya ada di interface yang ringan dan mudah dipahami. Untuk tampilan, kamu tidak perlu khawatir karena XRecorder bebas dari watermark yang mengganggu.

Hanya saja, ketika menjalankan aplikasi masih ditemukan bug atau rekaman berhenti sendiri setelah digunakan beberama menit.

2. Ez Screen Recorder

Ez Screen Recorder akan membantumu merekam layar dengan lebih mudah. Bukan hanya game saja, live streaming  maupun video tutorial bisa dibuat tanpa perlu melakuran rooting pada smartphone.

Dengan satu kali klik, kamu bisa mulai merekam Free Fire atau PUBG Mobile yang disertai suara internal pada game. Keunggulannya, aplikasi ini sepenuhnya gratis tanpa diselipi iklan yang mengganggu.

Fitur lainnya, Ez Screen Recorder juga berfungsi sebagai aplikasi edit video karena dibekali fitur untuk memotong dan memisahkan rekaman yang tidak dibutuhkan.

3. Vidma Screen Recorder

aplikasi screen recorder game tanpa watermark

Vidma termasuk aplikasi screen recorder game tanpa watermark yang bisa digunakan gratis tanpa upgrade ke versi premium. Untuk pemakaiannya, kamu tinggal masuk ke aplikasi tanpa perlu melakukan rooting pada perangkat.

Alasan kenapa aplikasi ini wajib kamu coba adalah fitur facecam untuk merekam layar dan wajah sekaligus. Selain itu, Vidma Screen Recorder tidak memiliki batas waktu, sehingga durasi rekaman game yang dimainkan lebih lama.

Setelah selesai, rekaman tersebut bisa langsung diekspor dan diedit menggunakan aplikasi edit video di Android atau memanfaatkan fitur pengeditan yang tersedia di aplikasi Vidma.

4. Screen Recorder by VideoShow

perekam layar android yang bagus

Dengan rating 4,6 bintang dari 1,3 juta ulasan, Screen Recorder yang dikembangkan oleh VideoShow ini pantas masuk daftar aplikasi perekam layar Android terbaik. Selain itu, kamu juga bebas menghapus watermark  pada video rekaman.

Sehingga tak jarang banyak pemula mengandalkan aplikasi ini untuk membuat konten game mobile di Youtube. Untuk fiturnya, Screen Recorder by VideoShow didukung resolusi hingga 1440 pixels, merekam audio internal, tampilan aplikasi yang sederhana.

5. AZ Screen Recorder

Rekomendasi aplikasi screen recorder game terbaik selanjutnya ada AZ Screen Recorder yang dapat digunakan di semua versi Android. Terlebih, ukuran aplikasi rekam layar tanpa watermark ini sangat ringan dengan navigasi sederhana.

Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung menekan tombol record tanpa perlu akses root. Apalagi, fitur di dalamnya juga sangat lengkap, mulai dari merekam audio internal hingga resolusi yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Meskipun cukup powerful, namun AZ Screen Recorder tak luput dari kekurangan. Beberapa pengguna ada yang mengalami bug atau glitch saat merekam game terlalu lama.

6. DU Screen Recorder

Jika daftar sebelumnya masih kurang memuaskan, rekomendasi yang satu ini wajib dicoba. DU Screen Recorder sangat populer jauh sebelum hadirnya smartphone canggih dan dianggap sebagai aplikasi  perekam layar Youtuber gaming terbaik di Android.

Aplikasi ini mengutamakan kepuasan pengguna dengan bekal fitur-fitur terbaik dan tools pengeditan sederhana. Dengan tampilan sederhana, DU Screen Recorder cocok digunakan di hp gaming 2 jutaan yang RAM-nya 2GB ke bawah.

7. Super Screen Recorder

Super Screen Recorder termasuk aplikasi perekam game terbaik Android tanpa watermark yang cukup populer. Sesuai namanya, aplikasi ini punya kemampuan super karena dibekali segudang fitur unggulan untuk merekam game favoritmu.

Hebatnya, Super Screen Recorder dapat dijalankan tanpa batas waktu. Jadi, kamu bebas merekam momen sampai memori perangkat habis.

Meskipun tanpa watermark, kamu tetap bisa menambah credit atau nama kamu sendiri agar tidak diklaim orang lain. Super Screen Recorder cocok buat kamu yang ingin membuat konten Youtube maupun animasi GIF lucu.

8. Mobizen

Sama seperti DU Recorder, Mobizen termasuk “sesepuh” di kategori aplikasi screen recorder game. Meskipun begitu, tampilannya cukup kekinian dan mudah dipahami. Bahkan, di tahun 2016 Mobizen dapat penghargaan dari Google Play.

Untuk keunggulannya, Mobizen dilengkapi fitur perekaman 60fps, editing sederhana, hingga opsi menambahkan facecam saat rekaman berlangsung.

Hanya saja, aplikasi ini masih meninggalkan watermark di video rekaman. Tapi, kamu bisa menghilangkannya dengan beralih ke versi premium.

9. ADV Screen Recorder

Dikembangkan oleh ByteRev, ADV Screen Recorder juga masuk dalam daftar aplikasi perekam layar Android yang bagus dan punya banyak fitur unggulan. Sudah diunduh lebih dari 6 juta kali, APK ini cukup populer di kalangan Youtuber gaming.

Selain merekam, kamu juga bisa menyalakan kamera untuk dijadikan facecam atau menambah tulisan agar hasil rekaman jadi lebih menarik.

Untuk kelebihanannya, ADV Screen Recorder punya fitur editing simpel yang bisa memotong atau memisahkan rekaman menjadi beberapa bagian. Tertarik dengan aplikasi ini? Silahkan unduh di Google Play, gratis!

10. All-Star Recorder

Dibekali fitur video editor dan countdown timer, All-Star Recorder bisa dipilih kalau kamu mencari APK rekam layar game Android. Meskipun baru dirilis, tapi aplikasi ini sudah punya keunggulan yang tak jauh berbeda dari rekomendasi lainnya.

Terlebih, All-Star Recorder dapat dijalankan tanpa batas waktu dan watermark. Kualitas rekaman yang dihasilkan pun sangat jernih dan bebas dari lagging atau delay.

Kamu bisa merekam game seperti Free Fire, PUBG Mobile, bahkan Genshin Impact dengan menyertakan audio internal, menambahkan mikropon, dan Facecam langsung melalui smartphone kamu.

11. Perekam Layar dengan Suara

aplikasi perekam layar terbaik android

Sebagai penutup, rekomendasi yang satu ini bisa dipilih kalau kamu butuh aplikasi screen recorder game yang bisa merekam video dan suara sekaligus. Selain itu, di upgrade terbarunya ada fitur untuk mengatur kualitas video dan menghapus watermark.

Untuk cara menggunakannya, kamu tinggal menggoyangkan perangkat dan mulai merekam layar hingga resolusi 1080 pixels. Dengan ukuran tak lebih dari 20MB, aplikasi ini sangat cocok di Samsung J2 Prime atau hp lain yang RAM-nya di bawah 2GB.

Kesimpulan

Meskipun hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi alat perekam layar, namun fungsinya masih kurang optimal. Oleh sebab itu, penggunaan aplikasi record game sangat penting agar hasil rekaman terlihat lebih bagus.

Nah, kalau perekam layar di hp kamu kurang bagus, silahkan install salah satu aplikasi screen recorder game terbaik pada daftar di atas. Karena masing-masing punya fitur yang berbeda. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan, ya!