Cara Download Google Classroom di Laptop Terbaru 2021

Mau menggunakan Classroom untuk belajar online? Berikut panduan cara download Google Classroom di laptop atau PC terbaru.
cara download google classroom

Dikembangkan pada 2014 lalu, Google Classroom jadi paltform yang sangat membantu dalam menjalani kegiatan belajar online. Namun, karena basisnya aplikasi mobile, tak sedikit orang yang belum tahu cara download Google Classroom di laptop atau PC.

Saat mengikuti kegiatan belajar mengajar online, kita harus memiliki aplikasi video conference. Meskipun ada Google Meet dan Zoom, tapi Classroom sering jadi pilihan banyak sekolah maupun kampus karena fitur-fiturnya lebih unggul.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin menggunakan Classroom untuk belajar maupun meeting online, berikut panduan tentang cara download Google Classroom di laptop melalui Bluestack dan extension Chrome.

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom adalah aplikasi video conference yang fokus pada guru maupun murid sekolah guna memudahkan kegiatan belajar mengajar. Namun, secara umum juga bisa digunakan oleh semua orang yang memiliki akses internet.

Pada dasarnya, fungsi Google Classroom tak jauh berbeda seperti Zoom. Namun, karena fokusnya di pendidikan, fitur-fiturnya disesuaikan dengan keebutuhan guru dan murid.

Dengan adanya layanan ini, Google selaku depevolper berharap semua orang bisa terhubung meskipun hanya melalui layar laptop.

Seperti penjelasan sebelumnya, Classroom punya fungsi yang mirip seperti Zoom, tapi ada beberapa keunggulan yang ada di Classroom dan tidak dimiliki Zoom. Berikut poin-poinya.

1. Gratis, bebas digunakan tanpa perlu berlangganan
2. Mempermudah guru dalam memberikan tugas
3. Terintegrasi dengan layanan Google lainya
4. Komunikasi lancar tanpa putus-putus, asalkan akses internet bagus
5. Menyimpan dokumen dengan rapi dan aman
6. Bisa menampung ratusan peserta

Disamping itu, Google Classroom juga dapat digunakan di berbagai perangkat dengan mudah. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Pastikan kamu menyimak panduan cara download Google Classroom di laptop ini sampai tuntas, ya!

Cara Download Google Classroom di Laptop

Ada banyak opsi untuk download Google Classroom di laptop Acer, Asus, atau merk lainnya. Bisa melalui emulator Bluestacks atau extension Chrome. Masing-masing punya kelebihan tersendiri, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang cara download Google Classroom di desktop. Silahkan pilih mau melalui emulator atau extension.

1. Download Google Classroom di Bluestacks

Bluestacks adalah platform yang memungkinkan kita menggunakan aplikasi Android atau iOS di PC. Keberadaan Bluestacks sendiri sudah diakui dunia dan menjadi satu dari sekian banyak emulator yang aman dan paling populer.

Untuk cara download Google Classroom di Bluestacks, yang harus dilakukan adalah menginstal emulator ini di perangkat kamu. Tidak ada batasan software, mau Windows 7, 10, bahkan bisa juga di macOS.

Untuk langkah-langkahnya, berikut penjelasannya:

  • Pertama download dan install emulator Bluestacks langsung melalui website https://www.bluestacks.com/
  • Jika sudah terinstal, buka emulator-nya
  • Sign-in menggunakan akun Google
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan pilih menu Google Play Store
  • Kemudian masuk ke kolom pencarian dan ketik Google Classroom
  • Lalu buka aplikasinya, dan klik tombol Install

Sampai di sini kamu sudah berhasil menerapkan cara download Google Classroom dengan baik. Selanjutnya tinggal buka dan jalankan Google Classroom seperti penggunaan aplikasi mobile pada umumnya.

Tapi, kalau ingin menggunakan Bluestacks pastikan spesifikasi perangkat minimal Windows 7, RAM 2GB, dan 5GB untuk space kosong. Kalau spesifikasi tersebut tidak terpenuhi, kemungkinan kinerja aplikasi jadi kurang optimal.

2. Download Google Classroom Lewat Extensions

Spesifikasi laptop tidak mendukung emulator Bluestacks? Tenang, ada cara alternatif yang bisa dicoba untuk download Google Classroom di laptop tanpa software tambahan, yakni dengan memanfaatkan extension Chrome.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Pertama buka browser Chrome
  • Lalu klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Settings
  • Pada pojok kiri bawah klik “Extensions”
  • Klik garis tiga di samping tulisan Extensions
  • Kemudian klik Open Chrome Web Store
  • Ketik “Google Classroom” di kolom pencarian dan tekan Enter
  • Kalau tidak ada, silahkan cari di browser dengan kata kunci “google classroom extensions”
  • Setelah itu tinggal klik tombol Tambahkan ke Chrome, lalu Add app

Bagaimana, mudah kan? Sekarang kamu bisa menggunakan Google Classroom di laptop untuk diskusi online maupun kegiatan belajar pada umumnya.

Selain dua cara di atas, Google Classroom sebenarnya bisa digunakan langsung dengan mengunjungi website https://classroom.google.com/. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengunduh Bluestacks ataupun extensions Chrome.

Ragam Fitur di Google Classroom

fitur google classroom

Nah, setelah menjelaskan detail tentang cara download Google Classroom di laptop, mungkin kamu ingin mengetahui apa saja fitur dan layanan yang ditawarkan platform dari Google ini.

1. Diskusi Online Guru dan Murid

Sesuai namanya, fitur Google Classroom ini memungkinkan guru maupun dosen mengundang peserta didik untuk memulai diskusi. Di fitur ini guru dan murid bisa melakukan komunikasi dua arah dengan mengajukan dan menjawab pertanyaan.

Jika memulai diskusi lanjutan, Classroom menyediakan kolom komentar yang dapat digunakan oleh kedua belah pihak. Secara umum, fitur ini sering digunakan karena prosedurnya simpel dan tidak butuh effort yang besar.

2. Kelas Online

Kemudian ada Kelas Online yang merupakan fitur untuk memfasilitasi guru dan murid belajar di kelas secara virtual. Uniknya, fitur ini saling dapat diintegrasikan dengan Google Meet dan Hangouts dengan maksimal pengguna 250 orang.

Meskipun dijalankan secara live, tapi kamu bisa menyimpan rekaman sebagai arsip untuk murid-murid yang berhalangan hadir.

3. Pengumuman

Dalam fitur ini guru dapat membuat pengumuman tentang semua yang berkaitan dengan pelajaran. Misalnya, jadwal belajar, tugas yang harus dikerjakan di rumah, hingga mengatur kapan waktu ulangan bisa diselenggarakan.

Secara umum, fitur ini tak jauh berbeda seperti postingan di media sosial. Murid dapat melihat pengumumab dan memberikan komentar.

4. Tugas Online

Dengan fitur ini, guru bisa memberikan tugas online melalui Youtube, Google Form, maupun media lainnya. Selain itu, ada opsi untuk mengatur jadwal tugas yang harus dibuat dan diselesaikan langsung melalui platform.

5. Sistem Penilaian

Terakhir, ada fitur penilaian yang memungkinkan guru memeriksa tugas dan memberikan nilai dari masing-masing peserta didik. Ada tiga opsi yang tersedia, yakni Poin Total, Penilaian Kategori, dan Tidak Ada Nilai.

Kesimpulan

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, Google Classroom bisa jadi solusi terbaik baik guru maupun murid yang ingin melakukan kegiatan belajar online. Selain dibekali ragam fitur bermanfaat, cara menggunakannya pun sangat mudah.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan tentang cara download Google Classroom di laptop, PC, maupun desktop. Jadi, dari dua cara di atas mana yang menurut kamu paling mudah? Selamat mencoba, ya!