Cara Memperbarui Google Play atau Upgrade ke Versi Terbaru 2021

Berikut ini panduan lengkap tentang cara memperbarui Google Play yang tidak bisa dibuka di Android dengan langkah-langkah mudah.
cara memperbarui google play

Seperti yang kita tahu, Google Play adalah layanan dari Google dengan fungsi untuk mengunduh aplikasi, game, film, dan e-book. Namun, tak jarang kinerjanya jadi tidak optimal karena pengguna belum memperbarui Google Play.

Pada dasarnya, ini terjadi karena Google terus melakukan pembaruan guna menyesuaikan konten dengan versi Android terbaru. Sehingga, pengguna akan merasakan pengalaman lebih baik ketika menjalankan aplikasi atau game.

Nah, apabila kamu menemukan notifikasi “Aplikasi tidak akan berjalan tanpa layanan Google Play”, silahkan simak panduan lengkap cara memperbarui Google Play ke versi terbaru pada ulasan di bawah ini.

Kenapa Google Play Harus Diperbarui?

Seperti aplikasi mobile pada umumnya, Google Play juga perlu di-update secara rutin. Meskipun sangat penting, sayangnya masih banyak pengguna belum memahami cara memperbarui Google Play yang tidak bisa dibuka.

Biasanya, pembaruan tersebut meliputi program, core, hingga navigasi. Meskipun perubahannya tidak selalu tentang tampilan, namun ini sangat berguna agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Sebaliknya, jika Google Play tidak diperbarui, akan ada banyak masalah yang bisa terjadi di kemudian hari. Berikut penjelasannya:

1. Aplikasi Error dan Tidak Bisa Dibuka

Seperti penjelasan di awal, salah satu penyebab aplikasi Google Play error karena pengguna mematikan fitur update otomatis di perangkat, sehingga ketika ada update terbaru, Google Play perlu persetujuan agar bisa diperbarui.

Seperti kita tahu, update aplikasi Google Play menguras banyak kuota. Itulah sebabnya sebagian besar pengguna Android mematikan fitur tersebut guna menghemat pemakaian kuota internet.

Jadi, agar aplikasi bisa dibuka dan berjalan normal, kamu harus segera melakukan update setiap kali versi terbaru rilis.

2. Tidak Bisa Update Aplikasi

Selanjutnya, ketika Google Play tidak diperbarui, efeknya pasti menjalar ke aplikasi lain di perangkat. Sehingga kamu jadi tidak bisa meng-update aplikasi tersebut, yang mungkin akan menyebabkan aplikasinya gagal saat dijalankan.

Sebab, beberapa aplikasi, khususnya game online hanya berfungsi dengan baik bila sudah diperbarui ke versi terbaru. Nah, ribet banget kan urusannya? Oleh karena itu, sangat penting memperbarui Google Play secara rutin.

3. Sangat Rentan Disusupi Virus

Biasanya, pembaruan Play Store juga meliputi aspek keamanan. Karena Google tahu pasti kalau internet selalu memiliki sisi negatif, salah satunya virus. Meskipun anti-virus sudah terprogram, tapi kemungkinan munculnya virus baru akan sangat besar.

Dengan begitu, Google Play yang tidak diperbarui sangat rentan disusupi virus berbahaya, seperti phising, malware, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau kamu tidak ingin perangkat jadi lemot atau kinerja aplikasi terganggu, sebaiknya ikuti langkah-langkah update Google Play di Android berikut sampai tuntas, ya!

Cara Memperbarui Google Play di Android

Pada ulasan berikut ada dua opsi yang bisa kamu pilih, yakni secara manual dan mengunduh APK file dari platform atau situs pihak ketiga. Selengkapnya simak cara memperbarui Google Play versi baru di bawah ini.

1. Update Google Play Secara Manual

cara update google play yang tidak bisa dibuka

Opsi pertama yang dapat kamu lakukan jika bingung cara memperbarui layanan Google Play yang tidak bisa dibuka adalah langsung melalui aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka aplikasi Google Play
  • Kemudian klik ikon foto profil bulat di deretan kolom pencarian
  • Kalau tidak ada, kamu bisa klik ikon garis tiga
  • Selanjutnya pilih Settings atau Setelan
  • Lalu masuk ke menu "Tentang"
  • Scroll layar ke bawah dan klik "Versi Play Store"
  • Setelah itu klik OK untuk memulai update
  • Terakhir, tunggu hingga prosesnya berakhir

Apabila pembaruan sudah selesai, silahkan update aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka. Tapi, kalau notifikasi yang muncul "versi Google Play Store sudah yang terbaru", berarti kamu tidak perlu repot-repot melakukan update.

Agar tidak perlu memperbarui aplikasi secara manual, kamu bisa mengubah setelah aplikasi jadi pembaruan otomatis.

Kalau di hp Xiaomi, caranya tinggal buka Pengaturan, lalu pilih Apl, buka “Setelah sistem aplikasi”, dan masuk ke “Pembaruan apl sistem”. Setelah itu, pada setelah tambahan ganti jadi “Perbarui dengan Wi-Fi dan data seluler”.

2. Update Google Play dari APK File

cara memperbarui google play di android

Meskipun bukan cara yang disarankan, tapi memperbarui Google Play melalui APK pihak ketiga juga bisa jadi opsi. Ada banyak website penyedia APK terpopuler, seperti APKPure, APKMirror, dan APKCombo.

  • Pertama unduh Google Play Store dari APKPure atau klik link ini
  • Biasanya akan muncul notifikasi "This type of file can harm your device"
  • Abaikan saja dengan klik OK
  • Kemudian masuk ke menu Setting, lalu klik Security
  • Cari opsi "Unknown Source" dan klik "Enable"
  • Setelah notifikasi hilang, langsung saja klik OK
  • Jika sudah terunduh, buka File Manager dan cari Google Play Store
  • Klik pada file aplikasi untuk memulai instalasi

Sampai di sini kamu berhasil menerapkan cara memperbarui Google Play versi yang tidak bisa dibuka. Kalau dibutuhkan, kamu bisa mengubah “Unknown Source” ke pengaturan awal untuk menghindari aplikasi berbahaya terinstal tanpa izin.

Perlu diingat, memperbarui Google Play tidak akan berdampak pada hilangnya data atau pengaturan aplikasi. Jadi, cara ini sangat aman dilakukan. Tapi, pastikan kamu mengikuti panduan di atas dengan benar, ya!

Penutup

Berdasarkan ulasan di atas, Google Play punya peran sangat penting, bukan hanya pada aplikasi, tapi juga mempengaruhi kinerja perangkat. Jadi, agar tidak ketinggalan versi terbaru, sebaiknya aktifkan update otomatis di hp kamu.

Itulah penjelasan tentang cara memperbarui Google Play di Android ke versi terbaru. Silahkan pilih cara yang kamu rasa paling aman, mau manual atau install APK Google Play dari platform pihak ketiga. Semoga bermanfaat!