12 Game Android RAM Kecil yang Ringan dan Seru di 2022

Bosan dengan game berat yang menyita banyak memori? Inilah rekomendasi game Android RAM kecil yang ringan dan seru.
game Android RAM kecil yang ringan

Meskipun saat ini sebagian besar game mobile punya ukuran besar, namun masih ada pilihan  game Android ringan yang seru untuk dimainkan. Bahkan, game tersebut dapat diunduh secara gratis di hp dengan spesifikasi rendah.

Meksipun grafisnya tidak sejernih game Android terbaik, namun gameplay yang ditawarkan cukup menarik. Kamu tinggal pilih mau main game dengan genre petualangan, strategi, puzzle, atau action.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas rekomendasi game Android RAM kecil yang dapat dimainkan untuk mengisi waktu luang setelah lelah beraktivitas. Jadi, pastikan simak daftarnya sampai tuntas, ya!

Daftar Game Android RAM Kecil Terbaik

Perkembangan game mobile terbilang sangat pesat dengan hadirnya ragam genre dan grafis yang memukau. Tapi, kalau kamu bosan dengan game berat yang memenuhi ruang penyimpanan, berikut daftar game Android ringan dengan RAM kecil.

1. Shadow Skate

Shadow Skate bisa jadi opsi pertama kalau kamu mencari game RAM kecil di Android. Sebab, ukurannya tidak lebih dari 50MB. Jadi, kalau kamu menggunakan hp Samsung maupun Vivo tipe lama, game ini sangat wajib untuk dicoba.

Dikembangkan oleh Candy Mobile, game Shadow Skate menawarkan permainan yang simpel dan ringan tanpa mengurang keseruannya. Meskipun hanya dibekali karakter siluet, namun adrenalin pemain akan terpacu dengan misi-misi menantang.

Sesuai namanya, Shadow Skate memungkinkan kamu memilih jenis skateboard, melompat, melakukan trik, dan melewati gedung pencakar langit.

2. Zombie Attack 2

Turut serta meramaikan jagat game zombie ringan di Android, Zombile Attack 2 menyajikan gameplay sederhana namun tetap menarik. Selain itu, dukungan musik pada permainan membuat game ini jadi tambah seru.

Sekilas, karakter zombie di sini terlihat seperti Plants vs Zombies, ada yang menggunakan ember, helm, dan bermata besar. Untuk menyelesaikan permainan, kamu hanya perlu membunuh semua zombie dengan senjata dan kendaraan.

3. Dr. Driving

Siapa sih yang tidak tahu Dr. Driving? Game ini sangat populer pada tahun 2015-an karena memiliki ukuran ringan, sehingga sangat cocok untuk hp Android 1 jutaan yang saat itu masih merajai pasar smartphone tanah air.

Kalau kamu belum tahu tentang Dr. Driving, ini bukan game balap mobil pada umumnya, melainkan game simulasi menyetir. Namun, di dalamnya terdapat banyak misi yang harus diselesaikan.

Dr. Driving menawarkan pilihan mobil yang bisa kamu pilih, mulai dari mobil kecil hingga truk besar. Dengan ukuran hanya 10MB, kamu tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Terlebih, game ini dapat dimainkan tanpa jaringan internet.

4. 1LINE

Selanjutnya ada 1LINE yang mengharuskan pemain menggeser dari satu titik ke titik lain hingga terhubung menjadi sebuah bentuk. Meskipun terlihat sederhana, namun game ini membutuhkan konsentrasi agar garisnya tidak terputus.

1LINE dapat dimainkan secara offline di hp Android RAM 512MB. Tertarik dengan gameplay yang ditawarkan? Kamu bisa mengunduhnya gratis di Google Play dan hanya perlu menyiapkan ruang memori sekitar 60MB.

5. Stack

game Android ringan RAM kecil

Bagi kamu yang mencari game Android RAM kecil offline, Stack bisa jadi pilihan selanjutnya. Game dari developer Ketchapp ini sangat sederhana dari segi gameplay. Dimana kamu hanya perlu menyusun balok setinggi mungkin.

Meskipun sangat simpel, namun dibutuhkan konsentrasi yang ekstra agar baloknya tidak jatuh. Jika semua balok sudah tersusun, kamu akan dapat poin dan beralih ke level selanjutnya. Stack bisa kamu coba jika bosan dengan game mainstream.

6. Glow Hockey

game android ringan offline

Rekomendasi game Android ringan yang seru selanjutnya adalah Glow Hockey. Sesuai namanya, konsep game ini seperti permainan hockey meja, namun tampilannya lebih kekinian. Meskipun terlihat mudah, kamu harus fokus untuk bisa menang.

Di Google Play ada banyak game dengan nama "Glow Hockey", tapi kami sarankan kamu mengunduh dari developer Natenai Ariyatrakool karena rating pengguna paling bagus dan ukuran game-nya lebih ringan.
 

7. Modern Sniper

Untuk menghadirkan nostalgia bagi gamers jadul, kami merekomendasikan Modern Sniper sebagai game perang online Android RAM kecil. Sudah rilis sejak beberapa tahun lalu, game ini masih bertahan dan jadi yang terpopuler di Google Play.

Secara umum, Modern Sniper adalah game tembak-tembakan dimana pemain harus membunuh target yang sudah ditentukan. Meskipun ringan, namun game ini punya fitur layaknya game berat. Misalnya grafis jernih, banyak misi, hingga pilihan sniper.
 

8. Cut the Rope 2

Dengan hanya mengandalkan grafis dan gameplay sederhana, Cut the Rope 2 bisa jadi pilihan kalau kamu mencari game Android RAM kecil yang seru. Ini merupakan versi lanjutan yang telah diperbarui dari versi pertama.

Sesuai namanya, Cut the Rope 2 memiliki konsep dimana pemain harus memotong tali guna memberikan permen ke kodok. Game ini punya lebih dari 160 level dengan karakter, latar, dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

9. Zombie Smasher

Mengandalkan gameplay yang cukup sederhana, Zombie Smasher cocok untuk hp dengan spesifikasi rendah. Ukuran game ini hanya 5MB, yang tentunya tidak akan membebani RAM. Jadi, kamu bebas mengunduh banyak game tanpa khawatir hp jadi lemot.

Untuk konsep yang ditawarkan Zombie Smasher, kamu tinggal membunuh zombie dengan menekan layar hingga tidak ada zombie yang tersisa. Di game ini kamu harus fokus dan sabar, karena setiap naik level, tingkat kesulitan akan semakin besar.
 

10. Mouse

Mouse menambah daftar game Android ringan RAM kecil yang tak kalah seru dari rekomendasi sebelumnya. Dikembangkan oleh Magma Mobile, game yang satu ini punya konsep serupa seperti Unblock Me dalam kategori puzzle.

Pemain akan diberi tugas untuk meloloskan tikus dari bangunan berbentuk labirin dengan cara menggeser balok-balok yang menghadang. Kamu tinggal menggeser layar ke kanan, kiri, bawah, atau atas sesuai letak baloknya.

11. Subway Surfers

Subway Surfers adalah salah satu game legend yang sudah hadir sebelum smartphone dilengkapi teknologi canggih. Ini juga termasuk game Android ukuran kecil grafis bagus yang tak kalah seru dibandingkan game berlevel lain.

Sudah tahu dong konsep permainannya? Kamu diharuskan berlari menelusuri rel kereta api guna menghindari kejaran polisi. Meskipun terlihat sederhana, namun ada banyak keseruan di dalam game ini yang membuat kamu betah memainkannya.

12. Pixel Dungeon

Jika yang sebelumnya kurang menarik, mungkin daftar ini bisa jadi pilihan. Selain termasuk game petualangan offline Android ukuran kecil, Pixel Dungeon juga menyajikan konsep RPG sederhana dengan genre Roguelike.

Ini adalah sub-genre RPG yang saat ini tengah dimintai para gamers. Untuk gameplay-nya, kamu akan menghadapi rintangan khas game RPG. Disamping itu, level karakter yang kamu mainkan bisa ditingkatkan dengan menyelesaikan misi.

Meskipun grafisnya tidak sebagus game Android terbaik seperti Genshin Impact, namun Pixel Dungeon bisa jadi opsi kalau kamu ingin memainkan game RPG ringan.

Jadi, itulah deretan game Android RAM kecil yang ringan dan seru. Meskipun tidak sebaik game dengan ukuran besar, namun ini bisa jadi alternatif kalau kapasitas memori hp kamu terbatas. Bagaimana, tertarik memainkan salah satunya?