10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Sudah beli paket internet baru tapi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan? Berikut penyebab dan panduan untuk mengatasinya.
cara mengatasi kuota lokal indosat tidak bisa digunakan

Mengatasi Kuota Lokal Indosat - Indosat termasuk salah satu provider terpopuler populer di Indonesia. Selain menawarkan kuota murah, pilihan paketnya juga beragam. Namun, tak jarang ada kasus dimana kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan.

Di aplikasi MyIM3 sendiri kuota lokal Indosat masuk ke kategori Freedom Combo 20GB. Biasanya, rincian paket terdiri dari 11GB kuota utama, 4GB malam, 5GB lokal, dan 5GB kuota bonus dengan masa aktif 30 hari.

Meskipun sisa kuotanya masih ada, masalah kuota lokal Indosat yang tidak bisa digunakan sangat umum terjadi. Kalau kamu sedang mengalami kondisi seperti ini, simak penjelasannya pada ulasan berikut.

Penyebab Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Sesuai namanya, kuota lokal Indosat adalah bonus kuota yang hanya dapat digunakan di area pembelian paket. Misalnya, kamu beli di Pekanbaru, maka penggunaannya hanya berlaku di wilayah Pekanbaru saja.

Sementara untuk tipe jaringan, kuota lokal bebas digunakan di 4G maupun 3G. Nah, bagi kamu yang baru membeli paket Indosat namun tidak bisa internetan, berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan.

  • Mengakses internet di luar area jangkauan atau jauh dari tempat aktivasi paket
  • GPS error sehingga perangkat tidak bisa mendeteksi lokasi kamu
  • Masa aktif paket sudah berakhir
  • Kuota lokal sudah terpakai semua
  • Jaringan Indosat mengalami gangguan

Setidaknya ada lima poin utama yang menyebabkan masalah tersebut. Lantas, kalau kita sudah berada di area aktivasi tapi kuota lokal tetap tidak bisa dipakai, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Setelah tahu apa saja penyebabnya, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan.

1. Periksa Ulang Area Aktivasi

Seperti penjelasan sebelumnya, kuota lokal IM3 hanya bisa digunakan di area aktivasi. Mungkin, saat ini kamu sedang berada di luar area tersebut. Untuk itu, coba pastikan kembali di mana kamu membeli kartu atau mengisi paket.

Sebab, saat ini ada banyak online shop yang menawarkan paket internet Indosat murah. Biasanya, jika membeli paket Freedom Combo, yang dapat digunakan hanya kuota utama dan kuota malam saja, sementara kuota lokalnya akan mengendap.

2. Cek Masa Aktif Paket

Kalau cara sebelumnya belum berhasil, ada kemungkinan masa aktif paket kamu sudah berakhir. Seperti yang kita tahu, total kuota di paket Freedom Combo Indosat sekitar 20GB yang berlaku hingga 30 hari.

Sampai saat ini tidak ada opsi untuk menggunakan kuota lokal Indosat di wilayah lain. Kalau pun ada, mungkin itu hanya bug sistem. Setelah server normal, kuota lokal akan kembali seperti semula sesuai area aktivasi.

3. Restart Perangkat

Selanjutnya, restart atau memulai ulang perangkat juga memungkinkan kamu mengaktifkan kuota lokal Indosat yang tidak bisa digunakan. Alasannya simpel, mungkin sistem sedang tidak stabil sehingga jaringan gagal mendeteksi kuota lokal.

Untuk cara restart perangkat mungkin berbeda tiap merk smartphone, tapi umumnya kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol Power, kemudian pilih opsi Restart.

4. Aktifkan Flight Mode

Bukan hanya berguna saat terjadi gangguan pada jaringan, mode pesawat juga bisa jadi solusi untuk mengatasi kuota utama Indosat tidak bisa dipakai. Jika flight mode sudah diaktifkan, tunggu hingga beberapa menit, setelah itu nonaktifkan kembali.

Selama kamu tidak melanggar ketentuan kuota lokal Indosat, cara ini pasti berhasil. Sebab, berdasarkan pengalaman admin, semua masalah yang berhubungan dengan jaringan pasti dapat diselesaikan dengan flight mode.

5. Hubungi CS Indosat

Terakhir, apabila semua poin di atas masih belum berhasil mengatasi kuota lokal Indosat yang tidak bisa digunakan, silahkan hubungi CS Indosat. Tapi, jangan melalui call center, karena akan buang-buang waktu dan pulsa.

Coba kontak admin @IndosatCare di Twitter dan sampaikan permasalahan kamu. Karena biasanya semua akun provider seperti XL, Axis, Telkomsel, hingga Indosat lebih cepat menanggapi keluhan pengguna di Twitter.

Cara Cek Kuota Lokal Indosat

Nah, setelah mengetahui penyebab dan solusi mengatasi kuota lokal Indosat yang tidak bisa dipakai, mungkin kamu juga ingin mengecek sisa kuotanya. Silahkan buka SMS, ketik USAGE, lalu kirim ke 363.

Selain melalui SMS, cek kuota lokal Indosat bisa juga melalui aplikasi MyIM3. Caranya masuk ke menu DATA, lalu scroll layar  sampai ke baris “Kuota Lokal”. Kalau masih ada sisa, berarti kuotanya masih bisa digunakan selama berada di area jangkauan.

Penutup

Seharusnya dengan beberapa metode tersebut, masalah kuota lokal Indosat yang tidak bisa dipakai akan teratasi. Namun, kalau masih belum berhasil juga, silahkan hubungi Customer Service Indosat melalui Twitter.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan. Sebelum mengikuti panduan di atas, sebaiknya pastikan kalau kuota lokalnya masih ada dan kamu berada di area jangkauan. Semoga bermanfaat!