Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Bergerak, Bikin Foto Jadul Jadi Lebih Hidup

aplikasi edit foto bergerak

Foto saat ini hampir menjadi hal wajib ketika seseorang sedang melakukan aktivitas tertentu. Media sosial menjadi salah satu media bagi mereka untuk membagikan foto-foto yang telah diambil. Tak jarang, untuk membuat foto menjadi lebih bagus dan nampak hidup, mereka juga menggunakan aplikasi edit foto bergerak. Maka dari itu, saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan di smartphone.

Membuat foto bergerak saat ini memang sedang banyak digandrungi. Jika Anda ingin membuatnya, caranya tidaklah sulit. Anda hanya perlu memilih aplikasi yang diinginkan, lalu mendownload dan menginstalnya melalui smartphone. Aplikasi-aplikasi yang recomended berikut ini tentu memiliki fitur dan desain yang akan memudahkan Anda untuk mengedit foto. 

Nah, untuk mengetahui apa saja aplikasinya, simak penjelasan berikut ya.

  • StoryZ Photo Video Maker & Loop video Animation

Mengenal StoryZ Photo Motion & Cinemagraph

Aplikasi ini memiliki keunggulan dibanding yang lain, sebab StoryZ Photo ini memiliki fitur yang lebih advanced. Aplikasi edit foto bergerak satu ini hampir mirip dengan Plotagraph, yang digunakan untuk edit foto bergerak di hp iPhone. Oh ya, selain bisa membuat foto bergerak, dengan aplikasi ini, Anda juga bisa bikin foto jadi animated double exposure dan animated gif.

  • Aplikasi Vimage

mengenal Aplikasi Vimage
Vimage ini merupakan salah satu aplikasi edit foto bergerak dengan konsep cinemagraph. Jadi tak hanya membuat foto bergerak saja, Anda juga bisa membuat berbagai karya seni lain menggunakan aplikasi ini. Vimage memiliki lebih dari 100 fitur atau efek yang bisa Anda pakai untuk mengedit foto. Ada pula berbagai tool animator yang memungkinkan kamu menambahkan efek gerak.

Anda tentu juga dapat mencoba efek-efek lainnya, seperti mengubah warna foto, kecerahannya, kontras, dan juga blur tidaknya foto. Jadi, Anda juga bisa mengedit foto menjadi bokeh. Pastinya, aplikasi ini akan membuat foto jadi lebih hidup dan bagus.

  • Lumyer - Magic Photo Animator
Lumyer - Magic Photo Animator
Melalui Lumyer, Anda bisa membuat foto menjadi bergerak seperti video. Adapun Lumyer ini memiliki fitur yang bisa dibilang lebih banyak dari aplikasi edit foto bergerak lainnya. Anda dapat mengedit foto menggunakan 200 lebih fitur melalui Lumyer. Dengan fitur sebanyak itu, Anda tentu bisa lebih puas untuk mengedit dan mengubah-ubah foto bergerak menjadi lebih bagus bukan? Dan setelah puas mengedit sesuai keinginan, nantinya Anda bisa menyimpan foto tersebut dalam bentuk GiF.

  • Aplikasi Zoetropic - Photo in Motion

Aplikasi ini merupakan buatan Zemach Tecnologia. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Meski begitu, fiturnya tak perlu diragukan, ada banyak fitur menarik yang patut dicoba. Di aplikasi ini, ada fitur yang cukup jarang dimiliki aplikasi lain, yaitu adanya stabilisasi.

Jadi, kamu bisa memilih bagian video mana yang tidak ingin kamu gerakkan. Fitur ini biasa dipakai untuk mengedit foto dengan background langit dan laut. Lalu ada pula overlay, yang memungkinkan kamu untuk memasukkan efek api, atau meteor jatuh di foto kamu.

  • Aplikasi My Heritage
Apa Itu Aplikasi My Heritage

My Heritage ini sangatlah mudah digunakan. Banyak orang yang kini sedang memilih Myheritage untuk mengedit foto bergerak. Selain bisa membuat foto bergerak nampak hidup, Anda juga bisa membuatnya tampak seperti foto lawas yang terlihat klasik.

Di aplikasi ini terdapat fitur Deep Nostalgia yang bisa menjadikan foto tampak tua namun elegan. Aplikasi ini merupakan buatan perusahaan silsilah online, yang juga dilengkapi dengan AI berlisensi dari D-ID untuk membuat foto bergerak. Jika Anda ingin melihat foto-foto lawas nampak hidup, cobalah aplikasi ini ya.

  • Aplikasi Move Pic
Aplikasi edit foto bergerak selanjutnya yaitu Move Pic. Aplikasi ini memiliki fitur yang menyenangkan untuk dicoba. Fitur pertamanya adalah animasi. Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan efek-efek bergerak dalam foto. Seperti efek air terjun, api, sungai, dan lain-lain. Lalu ada pula fitur filter, di mana kamu bisa membuat foto memiliki berbagai jenis suasana. Mulai dari suasana foto lawas, foto modern, atau jenis foto lainnya .

Lalu kamu juga masih bisa memakai fitur effect untuk menambah sentuhan dalam foto bergerak. Beberapa efek yang bisa diterapkan di antaranya adalah mojo, trippy aesthetic, pixa, glitch, dan pixel effect. Jika ingin hasil yang lebih bagus, Anda bisa mengkombinasikan beberapa fitur.

Jika kamu juga suka menuliskan kata-kata dalam foto, tak perlu khawatir. Kamu bisa menambahkannya melalui Move Pic. Karena beberapa orang sering menandai foto dengan teks berupa kata atau tanggal supaya foto menjadi lebih berkesan dan terkenang. Move Pic ini memberikan efek tulisan seperti inner shadow, stroke, emboss, mask, image texture, dan 3d text.

  • Aplikasi Pixa Motion Loop
Aplikasi edit foto bergerak satu ini memiliki fitur yang luar biasa. Anda bisa membuat banyak hal dengan aplikasi ini, mulai dari wallpaper, foto bergerak, hingga background dengan tema tertentu. Adapun fitur-fitur yang dimiliki juga bisa digunakan untuk mengedit foto layaknya profesional. Desain yang dimiliki juga sangat ramah untuk para pemula. Jadi Anda tak perlu khawatir kesulitan menggunakan aplikasi ini. Cara memakainya yang mudah akan memudahkan Anda mengedit foto bergerak.

Di sini tersedia pula berbagai gambar yang bisa Anda download untuk diedit. Cara memakainya cukup mudah, tinggal pilih foto yang ingin di edit, lalu pilih freeze untuk menyeleksi objek mana saja yang tidak ingin digerakkan. Selanjutnya pilih animate, lalu sesuaikan dengan gerakan pada foto sesuai keinginan Anda. 

Jika sudah, Anda bisa melihatnya di preview. Jika merasa kurang bagus, Anda masih bisa mengedit ulang sampai benar-benar bagus. Lalu bila Anda ingin menambahkan sound atau suara pada aplikasi, ada fitur khusus yang bisa dipakai, yaitu Sound. Jika Anda merasa pengeditan sudah selesai, hasilnya selain bisa disimpan di galeri juga bisa langsung diupload di media sosial. Hasilnya tentu tidak akan mengecewakan, jadi cobalah segera ya.

  • Aplikasi Enlight Pixa Loop
Aplikasi selanjutnya adalah Enlight Pixa Loop. Anda bisa mengubah foto yang biasa, menjadi bergerak dengan aplikasi ini. Selain itu, ada berbagai fitur menarik lain yang juga perlu Anda coba. Saat mengedit foto, Anda bisa memilih sendiri objek dalam foto yang ingin digerakkan dan tidak. Termasuk pula ke mana arah gerakannya. 

Jadi, sangat memungkinkan untuk membuat foto bergerak sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Selain itu, ada pula efek-efek yang bisa ditambahkan ke dalam foto. Jika ingin menambah awan atau langit ke dalam foto, Anda bisa memakai fitur yang sudah disediakan. Nah, menarik bukan? Ada banyak fitur yang akan membuat foto bergerak menjadi tampak lebih menarik. Selamat mencoba ya.

Pilih aplikasi edit foto bergerak sesuai kebutuhanmu

Nah, itu tadi adalah beberapa aplikasi edit foto bergerak yang recommended untuk dicoba. Aplikasi di atas memiliki tampilan yang sederhana, sehingga sangat mudah untuk Anda gunakan. Jika kesulitan, akan ada banyak tutorial penggunaannya melalui youtube. Jadi Anda tak perlu khawatir tidak bisa memakainya ya. Selain itu, Anda bisa menghasilkan foto bergerak yang bagus layaknya seorang profesional. Jadi, segera coba aplikasi recomended yang ada di atas dan buat foto bergerak sesuai kreativitas dan keinginan Anda ya. Selamat berkreasi.