8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik untuk Anak dan Pemula 2022

Tertarik meningkatkan kemampuan bahasa Inggris? Agar lebih mudah dan praktis, coba gunakan aplikasi belajar bahasa Inggris berikut ini.
aplikasi belajar bahasa inggris

Sejak teknologi semakin berkembang, semua aktivitas bisa dilakukan dengan mudah, termasuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Kalau sebelumnya kita berpedoman pada kamus, sekarang ada aplikasi belajar bahasa Inggris yang lebih mudah dan praktis.

Dibanding cara tradisional, belajar bahasa Inggris melalui aplikasi akan memudahkan kita dalam memahami grammar maupun arti dari setiap kata. Bahkan, sebagian besar aplikasi menawarkan ragam fitur menarik dan menyenangkan.

Nah, kalau kamu ingin mengobrol dengan teman bule atau bermain game di server luar negeri, berikut ini rekomendasi aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan secara gratis, baik di hp Android maupun iOS.

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Dari banyaknya aplikasi di Google Play dan App Store, hanya beberapa yang memenuhi syarat aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik. Seperti kemudahan akses, navigasi menu, hingga fitur yang ditawarkan. Berikut rekomendasinya.

1. Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi bahasa Inggris terbaik yang punya rating paling bagus di Google Play dan App Store. Di dalam aplikasi ini tersedia banyak fitur dengan tingkatan level yang dapat dipilih sesuai kemampuan pengguna.

Keunggulan Duolingo dibanding aplikasi sejenis adalah tampilan yang simpel dan menarik, sehingga pengguna tidak mudah bosan ketika belajar. Selain itu, ada juga fitur target yang memungkinkan kamu mengatur kapan harus membuka aplikasi.

2. Rosetta Stone

aplikasi belajar bahasa inggris 2

Selanjutnya ada Rosetta Stone yang juga bisa kamu coba jika mencari aplikasi belajar bahasa Inggris Android. Dikembangkan oleh developer asal Amerika, aplikasi ini memiliki metode yang  fokus untuk mengasah kemampuan speaking pengguna.

Jika ingin berpergian ke luar negeri atau berbicara dengan orang asing di aplikasi mencari teman bule, Rosetta Stone bisa jadi pilihan yang tepat. Selain gratis, aplikasi ini punya banyak fitur menarik dan interaktif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

3. FluentU

Berbeda dari aplikasi sejenis, FluentU menawarkan materi belajar yang sangat menarik dalam bentuk video musik, talkshow, berita, dan trailer film. Sehingga kemampuan speaking bahasa Inggris bisa ditingkatkan dengan lebih mudah.

Meskipun jumlah penggunanya masing sedikit dalam kategori aplikasi untuk belajar bahasa Inggris offline di Play Store, tapi FluentU menawarkan pengalaman terbaik untuk membantu kamu memahami setiap kalimat maupun ucapan bahasa Inggris.

4. LingoDeer

aplikasi belajar bahasa inggris 4

LingoDeer termasuk aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak yang menawarkan materi belajar interaktif dan terstruktur. Selain di iOS, aplikasi dari Tiongkok ini juga tersedia di Google Play dengan rating serta ulasan yang sangat positif.

Dengan menggunakan LingoDeer, kamu bisa belajar tentang membaca, mendengar, dan memahami    vocabulary bahasa Inggris. Menariknya, tema yang disediakan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari, seperti traveling, keluarga, hingga kalimat tanya.

5. LingQ

Bagi seorang pemula, belajar bahasa Inggris mungkin terasa sulit. Namun, dengan aplikasi LingQ, kamu bisa meningkatkan kemampuan listening secara cepat. Terlebih, metode pembelajaran di aplikasi ini cukup menyenangkan.

LingQ menyediakan materi berdasarkan kemampuan pengguna, mulai dari Basic, Intermediate, hingga Advance. Kamu akan disuguhkan beberapa pertanyaan dalam bentuk rekaman cerita dan materi lain guna mengetahui kata dan frasa baru.

Menariknya, selain sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris, LingQ juga dibekali pilihan bahasa lain seperti Jepang, Perancis, Rusia, hingga Mandarin.

6. Beelinguapp

aplikasi belajar bahasa inggris 6

Jika kemampuan bahasa Inggris kamu masih terbatas, aplikasi Beelinguapp bisa jadi opsi terbaik untuk meningkatkan vocabulary, speaking, dan listening. Selain tampilan aplikasi yang simpel, aplikasi ini juga punya keunikan pada metode belajar.

Konsep yang ditawarkan Beelinguapp berfokus pada story-telling, dimana kamu bisa membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris dan mengulang percakapan hingga benar-benar mahir.

Disamping itu, ada juga fitur karaoke yang memungkinkan kita membaca dan mendengar hasilnya melalui audio. Sehingga kita bisa mengetahui apakah pronunciation-nya salah atau sudah benar.

7. Memrise

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris berikutnya adalah Memrise. Tersedia di Android dan iOS, aplikasi ini punya segudang fitur unggulan untuk pengguna yang ingin meningkatkan kosa kata dan kemampuan bicara dalam bahasa Inggris.

Sama seperti LingoDeer, Memrise juga cocok untuk anak-anak maupun pelajar karena materinya cukup seru dan menyenangkan. Terlebih, rating Memrise paling tinggi dibanding aplikasi sejenis, yakni 4,6 bintang dari 1,4 juta ulasan

8. Bussu

aplikasi belajar bahasa inggris 8

Bussu adalah aplikasi belajar bahasa yang sudah digunakan lebih dari 100 juta orang dari seluruh dunia. Bukan hanya bahasa Inggris, aplikasi asal London ini juga menyediakan 12 bahasa seperti Jepang, Spanyol, Rusia, hingga Perancis.

Yang paling seru, Bussu dibekali dengan teknologi AI sehingga pengguna bisa lebih mudah memahami kosa kata, frasa, dan percakapan. Selain itu, ada fitur Community yang memungkinkan kamu belajar dengan orang bule asli.

Jika tertarik, kamu bisa download aplikasi belajar bahasa Inggris Bussu di Google Play. Cari saja “Bussu” di kolom pencarian, nanti aplikasinya berada di daftar paling atas dengan rating 4,4 bintang dan 450 ribu ulasan.

Penutup

Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan antar negara untuk berkomunikasi. Sehingga, sudah sepantasnya generasi milenial belajar bahasa Inggris untuk membuka wawasan tentang dunia internasional.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris gratis di hp Android dan iOS. Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan channel Youtube orang bule untuk meningkatkan kemampuan listening.