10 Aplikasi Kompres Video Terbaik Android, iOS, dan PC di 2022

Berikut rekomendasi aplikasi kompres video Android, iOS, dan PC yang bisa digunakan secara gratis dan tanpa mengurangi kualitas video.
aplikasi kompres video terbaik

Aplikasi Kompres Video
– Pekerjaan sebagai content creator dituntut untuk menghasilkan video berkualitas yang diminati audiens. Namun, ketika membuat konten tak jarang ukuran file-nya terlalu besar sehingga memenuhi ruang penyimpanan.

Jika mengalami kondisi seperti ini, sebagian besar orang mungkin akan memotong bagian-bagian pada video, bahkan footage paling penting pun dihilangkan guna memenuhi ukuran yang diinginkan.

Padahal, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ukuran file tanpa mempengaruhi durasi dan kualitas, yakni dengan aplikasi kompres video. Nah, kali ini kami akan mengulas beberapa daftar terbaik yang bisa digunakan di Android, iOS, dan PC.

Daftar Aplikasi Kompres Video

Tak sedikit content creator yang merasa aplikasi kompres video sangat bermanfaat. Selain mengubah ukuran video jadi lebih kecil, pengguna juga bisa memilih format video sesuai keinginan, mulai dari MP4, AVI, FLV, hingga MOV.

Aplikasi Kompres Video di Android dan iOS

1. Kompresor Video by Alyaanah (Android)

aplikasi kompres video 1

Kompresor Video adalah aplikasi yang dikembangkan Alyaanah untuk mengubah ukuran file video jadi lebih kecil atau besar. Dengan dukungan format MP4, MKV, 3GP, hingga MOV, aplikasi ini mampu memproses file dengan cepat dan mudah.

Menariknya, kualitas video yang dikompresi tidak akan berubah sehingga cocok bagi kamu yang ingin mengunggah konten ke Youtube. Selain itu, aplikasi ini punya banyak fitur unggulan yang sangat berguna bagi content creator.

2. Compress Videos & Resize Videos (iOS)

Berikutnya ada Compress Video & Resize Videos yang termasuk aplikasi kompres video terbaik di iOS. Untuk kualitas, pengguna tak perlu khawatir karena rating aplikasinya tidak kurang dari 4 bintang dengan review yang sangat positif.

Selain fitur yang lengkap, aplikasi ini juga mudah digunakan. Kamu tinggal install di iPhone atau iPad, lalu pilih video yang ingin dikompres. Selanjutnya pilih opsi dan fitur sesuai kebutuhan, terakhir simpan ke galeri.

3. Compress Video by MobileIdea Studio (Android)

aplikasi kompres video 3

MobileIdea Studio menghadirkan aplikasi kompres video jadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas. Untuk menghemat ruang penyimpanan, kamu bisa memilih ukuran file sesuai keinginan. Bhkan, mengekstrak video jadi format MP3.

Popularitas aplikasi ini bisa dibilang cukup baik karena banyak tutorial di Youtube yang bisa jadi referensi kalau kamu bingung cara menggunakannya. Tertarik dengan aplikasi Compress Video ini? Silahkan unduh gratis di Google Play!

4. Video Compress – Shrink Video (iOS)

Dikembangkan oleh Zheng Weijie, Video Compress jadi aplikasi kompress video di hp dengan rating paling tinggi di App Store. Untuk fitur, aplikasi ini dilengkapi kompresor video, ekspor cepat, dan fitur berbagi antar platform.

Selain itu, UI-nya juga sangat simpel sehingga mudah digunakan. Sayangnya, Video Compress belum tersedia di Google Play dan hanya bisa diunduh oleh pengguna iPhone atau iPad.

5. Video Compressor & Editor (iOS)

aplikasi kompres video 5

Masih dari aplikasi kompres video di iOS, Video Compressor & Editor menawarkan fitur untuk mengecilkan ukuran file sekaligus pengeditan sederhana. Dengan antarmuka yang simpel, pengguna bisa mengkompres secara cepat dan mudah.

Sesuai namanya, aplikasi yang dari Yong Chen ini juga memungkinkan kamu mengedit bagian-bagian pada video, seperti memotong, memisah, maupun menggabung beberapa video menjadi satu.

Aplikasi Kompres Video di PC/Laptop

1. HandBrake

Kalau ingin mengubah ukuran video di PC, HandBrake termasuk salah satu aplikasi kompres video tanpa mengurangi kualitas di laptop yang bisa kamu coba. Selain di Windows, aplikasi ini juga tersedia di Linux dan macOS.

Karena tergolong dalam aplikasi open source, HandBrake bisa digunakan secara gratis dengan mengunduhnya melalui situs resmi mereka atau langsung klik link ini.

Meskipun gratis, HandBrake punya banyak fitur unggulan yang sangat berguna bagi content creator, seperti mengatur frame rate, jenis encoder, dan mengubah ukuran video sesuai keinginan.

2. VideoPad

aplikasi kompres video 2

Selanjutnya, ada VideoPad yang merupakan aplikasi kompres video PC yang rilis tahun 2020 lalu. Meskipun baru rilis, namun aplikasi dari NCH Software ini punya banyak keunggulan yang tak kalah bagus dari daftar sebelumnya.

Selain mengecilkan ukuran video, VideoPad juga dibekali layanan edit video dengan tampilan simpel dan fitur yang cukup lengkap. Di aplikasi ini kamu bisa menambahkan efek transisi, audio, filter, hingga mengubah format video sesuai kebutuhan.

3. Avidemux

Avidemux adalah aplikasi untuk mengubah ukuran video yang memudahkan content creator dalam membuat project. Bukan hanya mengecilkan ukuran, Avidemux juga punya segudang fitur untuk mengedit dan mengubah format video.

Adapun cara menggunakan Avidemux sangat mudah. Kamu tinggal install aplikasinya di PC atau laptop, lalu unggah video yang ingin dikompres. Setelah itu, pilih opsi-opsi yang tersedia, seperti frame, bit rate, hingga codec.

4. Wondershare Video Converter

aplikasi kompres video gratis

Wondershare Video Converter juga masuk jajaran aplikasi kompres video terbaik di PC yang bisa dicoba untuk mengubah ukuran video maupun mengonversi file ke format yang diinginkan. Aplikasi ini gratis dan kompatibel untuk Windows, Linux, dan macOS.

Menariknya, dengan Wondershare Video Converter kamu juga bisa mengubah video jadi format Virtual Reality 360 derajat untuk diungguh ke Youtube maupun platform lain.

5. Windows Movie Maker

Sebagai penutup, kami merekomendasikan Windows Movie Maker sebagai aplikasi kompres video ringan di PC atau laptop. Dengan ukuran tidak lebih dari 13MB, aplikasi yang dibuat oleh Microsoft ini punya tampilan yang simpel dan mudah dijalankan.

Meskipun ringan, fitur-fiturnya cukup lengkap untuk mengecilkan ukuran file, menambahkan musik maupun teks dalam video. Tertarik dengan aplikasi ini? Silahkan unduh gratis di https://www.microsoft.com/.

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi untuk mengurangi ukuran video, tentunya akan sangat membantu pengguna yang ingin membuat ragam video tanpa khawatir kehabisan memori. Bahkan, kualitas video tidak akan berubah meskipun ukuran file lebih kecil.

Demikian deretan aplikasi kompres video terbaik yang bisa digunakan di Android, iOS, dan PC. Daftar-daftar di atas kami pilih berdasarkan rating dan fitur yang ditawarkan. Coba saja salah satu yang menurut kamu paling bagus, ya!