10 Aplikasi Penghitung Kalori Terbaik untuk Jalani Program Diet 2021

aplikasi penghitung kalori

Ketika berat badan mulai tak terkendali, umumnya olahraga jadi pilihan banyak orang agar kalori bisa kembali normal. Sementara untuk melihat hasilnya, ada aplikasi penghitung kalori yang bisa dicoba dengan tingkat keakuratan cukup baik.

Selain menghitung kalori, aplikasi ini biasanya menawarkan materi seputar gaya hidup sehat, mulai dari pemilihan makanan, hingga jenis olahraga untuk mengurangi berat badan. Tentunya sesuai dengan prosedur dari para ahli gizi.

Nah, kalau kamu sedang menjalani latihan tapi kesulitan menghitung progresnya, berikut deretan aplikasi penghitung kalori gratis yang tersedia untuk hp Android dan iOS.

Daftar Aplikasi Penghitung Kalori Terbaik

Nah, kalau kamu sedang menjalani latihan tapi kesulitan menghitung progresnya, berikut deretan aplikasi penghitung kalori gratis yang tersedia untuk hp Android dan iOS.

1. Calorie Counter by Lose It

aplikasi penghitung kalori

Sudah banyak pengguna yang mengulas kalau Lose It sangat membantu dalam program latihan penurunan berat badan. Aplikasi ini dibekali berbagai macam fitur yang dapat dipersonalisasi sesuai berat badan, tinggi badan, hingga usia.

Untuk menghitung jumlah kalori, ada beberapa opsi yang disediakan Lose It, mulai dari mencari basis data makanan, memindai barcode, dan menggunakan fitur Snap It yang memungkinkan kita mengetahui kalori dengan cara memfoto makanan.

Tertarik dengan aplikasi penghitung kalori saat lari dari Lose It? Silahkan unduh gratis di Google Play atau App Store. Kalau ingin upgrade ke versi Premium, kamu tinggal berlangganan $39,99 per tahun.

2. Fitbit

Fitbit merupakan aplikasi tracker yang dapat membantu pengguna untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain melacak aktivitas olahraga, aplikasi ini juga mampu mengetahui kandungan gizi dan kalori dari makanan yang dikonsumsi.

Seperti daftar sebelumnya, Fitbit memiliki beberapa opsi, yakni pelacakan manual dan menggunakan fitur scan barcode. Aplikasi yang dikembangkan Fitbit Inc ini juga dibekali monitor detak jantung, mengukur asupan air, hingga kebiasaan tidur.

3. MyFitnessPal

aplikasi penghitung kalori 3

Tak sedikit ahli gizi menyebut MyFitnessPal sebagai aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat olahraga paling akurat. Dengan database lebih dar 6 juta sampel, kamu bisa lebih mudah mengetahui kalori makanan.

Selain itu, kamu tak perlu buang-buang waktu menghitung takaran dan kandungan protein. Bahkan, aplikasi ini mampu mengingat apa saja yang kamu makan setiap harinya. Menariknya, MyFitnessPal juga dilengkapi fitur pelacak lemak hingga kolesterol.

4. Calorie Counter by FatSecret

Selanjutnya ada aplikasi penghitung kalori dari FatSecret yang bisa diandalkan untuk menyukseskan program diet maupun menambah berat badan. Aplikasi ini punya jutaan database nutrisi, resep makanan sehat, hingga catatan olahraga.

Untuk memudahkan pengguna dalam melacak jumlah kalori, FatSecret dibekali fitur scan yang mudah dan praktis. Kamu tinggal mengarahkan kamera ke barcode makanan, lalu aplikasi akan menampilkan kandungan di dalamnya.

5. HealthifyMe

aplikasi penghitung kalori 5

HealthifyMe juga termasuk jajaran aplikasi penghitung kalori terbaik yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan mengontrol asupan gizi yang masuk ke tubuh. Selain melacak kalori, aplikasi ini juga bisa membantu memilih makanan sesuai kebutuhan pengguna.

Beberapa fitur unggulan di HealthifyMe adalah laporan, analisa, panduan latihan, hingga sinkronisasi perangkat Apple Health dan Google Fit. Dengan lebih dari 16 juta pengguna, aplikasi ini wajib ter-install di hp kamu jika ingin mencapai berat badan ideal.

6. Calorie Counter by MyNetDiary

Jika kamu butuh aplikasi yang bukan hanya sekedar menghitung kalori, MyNetDiary bisa jadi pilihan. Pasalnya, aplikasi ini dibekali ragam fitur unggulan yang mampu melacak semua nutrisi guna melancarkan program diet.

Selain fitur yang lengkap, cara menggunakan aplikasi penghitung kalori MyNetDiary pun sangat mudah. Langkah pertama buat target dari kalori per hari, kemudian tentukan juga berapa berat badan yang harus dicapai per minggunya.

Setelah itu, MyNetDiary akan memberikan program dan catatan yang harus kamu jalankan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lakukan semua dengan disiplin dan fokus.

7. YAZIO Calorie

aplikasi penghitung kalori 7

Selain dibekali fitur menghitung kalori, aplikasi YAZIO juga memungkinkan pengguna yang ingin menurunkan berat badan dengan intermittent fasting atau diet puasa. Kamu dapat menentukan sendiri jadwal dengan metode 16:8 atau 5:2.

Dari beberapa ulasan di Google Play, YAZIO Calorie dianggap mampu mengukur intake kalori harian dengan target yang jelas. Menariknya, aplikasi ini dapat dihubungkan ke Google Fit sehingga sangat worth it untuk menjalani program diet.

Selain di Android, YAZIO Calorie juga tersedia gratis di iOS. Tapi, kalau ingin mendapatkan fitur Premium, kamu bisa berlangganan versi PRO dengan biaya $7 perbulan.

8. Nutritionix Track

Nutritionix Track adalah aplikasi penghitung kalori makanan terbaik yang cocok digunakan untuk menjalani program diet maupun pembesaran otot. Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan masukan para ahli guna mencapai berat badan ideal.

Selain simpel dan praktis, Nutritionix Track memiliki fitur yang mampu membaca kebiasaan pengguna sehari-hari. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali lebih dari 800 ribu jenis makanan beserta jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung.

9. CarbManager

aplikasi penghitung kalori 9

Berikutnya ada CarbManager yang termasuk aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat workout. Keunggulan aplikasi ini adalah fitur-fiturnya lebih lengkap, seperti panduan diet keto, menghitung nutrisi, dan karbohidrat.

Disamping itu, CarbManager juga memiliki banyak resep makanan yang sangat membantu pengguna untuk menjalani diet keto. Aplikasi bisa kamu unduh gratis di Google Play dan App Store.

10. MyPlate

Di daftar terakhir, MyPlate bisa jadi alternatif kalau kamu mencari aplikasi penghitung kalori dengan fitur lengkap. Dikembangkan oleh LIVESTRONG, aplikasi MyPlate memiliki fitur menghitung berat badan, scan barcode makanan, hingga mengatur jadwal latihan.

Menariknya, MyPlate punya komunitas yang selalu membantu ataupun memberi masukan agar pengguna baru bisa lebih mudah mencapai tujuannya.

Kesimpulan

Kalau selama ini kamu kesulitan mencapai berat badan ideal, tak ada salahnya mencoba beberapa aplikasi di atas. Meksipun tidak terlibat secara langsung, namun aplikasi tersebut bisa jadi mentor agar aktivitas dan gaya hidup lebih terarah.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi penghitung kalori terbaik yang tersedia untuk hp Android dan iOS. Dari beberapa pilihan di atas, tentukan sendiri mana yang fiturnya paling lengkap dan sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!