10 Aplikasi Adzan Otomatis Terbaik untuk Android dan iOS 2022

Mau berubah jadi Muslim yang lebih baik lagi? Berikut deretan aplikasi adzan otomatis untuk menunjukkan jadwal sholat 5 waktu.
aplikasi adzan otomatis

Sebagai seorang Muslim yang taat, sudah seharusnya kita menjalani ibadah tepat waktu. Namun karena kesibukan tak jarang kita lalai. Untungnya, saat ini ada aplikasi adzan otomatis yang bisa menjadi pengingat saat waktu sholat telah tiba.

Selain adzan, biasanya aplikasi tersebut juga dibekali fitur lain seperti Al-Qur’an digital hingga waktu berpuasa. Namun, penggunaannya masih jadi perdebatan bagi sebagian orang karena ditakutkan kita lupa membawanya masuk ke toilet.

Nah, kalau kalian sedang mencari aplikasi adzan 5 waktu otomatis tapi bingung mana yang terbaik, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kalian coba di Android dan iOS.

Daftar Aplikasi Adzan Otomatis Terbaik

1. Muslim Pro

Sholat merupakan ibadah wajib bagi setiap Muslim. Namun tak jarang, kita lalai karena sibuk dengan aktivitas harian. Untuk menghindari hal tersebut, Muslim Pro bisa diandalkan sebagai pengingat waktu sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Aplikasi ini menghadirkan ragam fitur untuk membantu kamu jadi Muslim yang lebih baik lagi. Selain jadwal sholat 5 waktu, ada juga alarm adzan yang otomatis berbunyi ketika sudah masuk waktu sholat berdasarkan lokasi kamu di Google Map.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, tak heran Muslim Pro sering direkomendasikan sebagai aplikasi alarm adzan otomatis terbaik di Play Store dan App Store.

2. Muslim Pocket

Selanjutnya Muslim Pocket bisa jadi pilihan kalau kalian ingin menjaga sholat tepat waktu. Selain mudah digunakan, aplikasi ini dapat diatur berdasarkan lokasi pengguna, sehingga waktu adzan sangat akurat sesuai masjid terdekat.

Disamping itu, aplikasi ini dibekali fitur Ramadhan yang memungkinkan kita mencari restoran, jadwal puasa (imsyak dan iftar), hingga Al-Qur’an digital. Dengan rating 4.8, Muslim Pocket termasuk paling populer di antara aplikasi waktu sholat dan adzan lainnya.

3. Muslim Assistant

aplikasi muslim alarm adzan

Muslim Assistant merupakan aplikasi adzan otomatis dan jadwal sholat yang memudahkan kamu dalam memenuhi kewajiban sebagai seorang Muslim. Selain tersedia versi gratis, kamu bisa berlangganan premium dengan fitur lebih lengkap.

Muslim Assistant dilengkapi Qur’an digital, penunjuk waktu sholat, alarm adzan, pencari kiblat, hingga fitur untuk mengetahui lokasi masjid terdekat.

Dengan aplikasi ini kamu tak perlu khawatir ketinggalan sholat jama’ah 5 waktu karena ada alarm adzan yang berbunyi setiap kali masuk waktu sholat.

4. Athan

aplikasi adzan terbaik

Di daftar pertama ada Athan yang merupakan aplikasi adzan terbaik dengan fitur-fitur menarik. Selain alarm waktu sholat, aplikasi ini juga dilengkapi Al-Qur’an digital, lokasi masjid terdekat, do’a harian hingga informasi arah kiblat.

Dikembangkan oleh Islamic Finder, aplikasi yang dominan dengan warna biru ini dapat digunakan untuk perangkat Android dan iOS. Jika tidak ingin ketinggalan jadwal sholat, silahkan download Athan di App Store maupun Google Play.

5. Usholli

aplikasi usholli jadwal sholat adzan

Usholli adalah aplikasi adzan 5 waktu otomatis yang mengambil referensi data Kemenag RI dari 30 provinsi dan 500 kota di seluruh Indonesia. Sehingga jadwal sholat ditampilkan sangat akurat dan dapat menyesuaikan lokasi pengguna.

Yang paling menarik dari Usholli adalah developer membuat aplikasi ini murni untuk membantu umat Islam dalam menjalani kewajiban. Karena selain gratis, Usholli bebas dari iklan-iklan yang mengganggu.

Adapun fitur yang dapat dinikmati di aplikasi Usholli adalah:

1. Jadwal sholat lengkap, diambil dari data Kementerian Agama
2. Tampilan aplikasi user friendly dan menarik
3. Ada jadwal imsyak, waktu sholat dhuha, dan tahajud
4. Alarm adzan otomatis
5. Pengingat 5-30 menit sebelum masuk waktu sholat
6. Arah kiblat berbasis GPS
7. Peta masjid terdekat

6. Vmuslim

Dikembangkan oleh Al hiwar, aplikasi Vmuslim termasuk aplikasi jadwal sholat dengan suara adzan yang punya tampilan menarik. Kamu akan dimanjakan dengan navigasi menu user friendly dan fitur sangat lengkap.

Selain itu, Vmuslim juga dibekali pelacak arah kiblat, sangat cocok bagi kamu yang sering berpergian. Bahkan, fitur adzan-nya tersedia dalam 30 pilihan suara muadzin.

Sementara fitur lain yang tak kalah menarik adalah kalender hijriah, do’a harian, Asmaul Husna, kartu ucapan Islami, hingga Al-Qur’an dan terjemahan yang bisa diputar tanpa koneksi internet (offline).

7. Umma (Aplikasi Adzan Paling Akurat)

aplikasi adzan otomatis gratis

Namanya Umma, sebuah aplikasi jadwal sholat dan adzan otomatis paling akurat yang mudah digunakan dan punya fitur lengkap. Bukan hanya pengingat waktu sholat saja, aplikasi ini juga dibekali murotal ayat suci Al-Qur’an yang merdu.

Untuk menunjang kebutuhan umat Islam, Umma terus berkomitmen menghadirkan pembaruan pada aplikasi sehingga fitur-fiturnya sesuai dengan data terbaru Kementerian Agama.

Tertarik dengan aplikasi adzan yang satu ini? Silahkan unduh gratis di Google Play atau App Store.

8. Toppa

Apa kamu sering ketinggalan sholat di masjid? Mulai sekarang coba ubah kebiasaan tersebut dengan niat ingin jadi seorang Muslim yang lebih baik. Dalam perjalanannya, Toppa bisa jadi ‘teman’ untuk mengingatkan jika waktu sholat sudah tiba.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Wibisana Digital Media ini bukan hanya menyediakan jadwal sholat, juga alarm adzan yang akan berbunyi otomatis. Bahkan bukan hanya sholat 5 waktu, alarm akan berbunyi saat waktu tahajud dan dhuha.

Namun sayangnya, banyak pengguna mengeluh karena alarm adzan tidak menyala. Untuk masalah ini, solusi dari Toppa adalah baterai smartphone jangan dioptimasi dan berikan izin agar aplikasi menyala sejak awal.

9. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

jadwal sholat aplikasi

Sesuai namanya, aplikasi buatan Andri Unpam ini dapat digunakan untuk mengetahui jadwal sholat dan suara adzan otomatis berdasarkan lokasi terbaru. Selain itu, kalau ingin sholat di tempat yang jauh dari masjid, aplikasi ini juga dilengkapi penunjuk arah kiblat.

Beberapa fitur unggulan di aplikasi adzan ini adalah:

1. Jadwal sholat otomatis
2. Alarm adzan
3. Jadwal imsak dan iftar saat bulan Ramadhan
4. Mendukung bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Malaysia, dan Indonesia
5. Jarak dari lokasi kamu ke Ka’bah

10. Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Jadwal Sholat dan Imsakiyah menyajikan fitur yang tak kalah dengan aplikasi adzan otomatis lainnya. Sebagai developer, Kodelokus Cipta mengemas aplikasi buatannya dengan tampilan menarik serta akurasi pada penghitungan waktu sholat.

Selain itu, adanya ragam pilihan alarm adzan membuat pengguna bisa menyesuaikan suara yang diinginkan. Terlebih, ketika masuk bulan Ramadhan, aplikasi ini menampilkan jadwal imsakiyah berdasarkan data dari Kemenag RI.

Demikian deretan aplikasi adzan otomatis yang bisa kalian gunakan sebagai pedoman agar tetap konsisten menjalani sholat tepat waktu. Rekomendasi di atas merupakan daftar terbaik yang ada di Google Play maupun App Store. Semoga bermanfaat!