8 Aplikasi Live Streaming Game untuk Menghasilkan Uang 2022

Berikut beberapa aplikasi live streaming game di Android dan iOS yang bisa dicoba jika ingin dapat uang dengan bermain game favorit.
aplikasi live streaming game terbaik

Seiring perkembangan era, bermain game bukan lagi sekedar aktivitas untuk menghibur diri. Ada aplikasi live streaming game yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan penonton seperti yang dilakukan Reza Arap hingga Windah Basudara.

Bukan hanya itu, dengan live streaming kita juga berkesempatan mendapatkan uang dari donasi, iklan, maupun endorsement. Sehingga tak heran, saat ini banyak anak muda yang tertarik menjadi seorang streamer.

Twitch adalah salah satu contoh aplikasi live streaming game yang melahirkan banyak streamer populer. Tapi selain itu, masih banyak aplikasi serupa untuk melakukan live stream. Simak daftarnya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Live Streaming Game

Berikut deretan aplikasi live streaming game terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan penggemar serta mendapatkan uang dari iklan hingga donasi.

1. Facebook Gaming

aplikasi live streaming game 1

Bicara soal Facebook, kita mungkin mengenalnya sebagai media sosial. Namun, beberapa waktu lalu hadir fitur baru bernama ‘Facebook Gaming’ yang memungkinkan pengguna membuat video live streaming di hp Android maupun iOS.

Untuk memulai live stream di FB Gaming, kamu tinggal mengunduh aplikasinya dan login dengan akun Facebook. Kalau konsisten dan jumlah penonton terus meningkat, kamu berkesempatan jadi Partner dan menghasilkan uang.

2. Twitch

Selanjutnya ada Twitch yang merupakan ‘rumah’ bagi para streamer. Aplikasi live streaming game di Android ini sangat populer dan selalu menghadirkan konten game yang menarik, seperti PUBG, GTA, Minecraft, hingga Free Fire.

Bukan hanya game, di sini kamu juga bisa menyiarkan aktivitas lain seperti memasak hingga travelling. Sejak pertama kali diluncurkan, sudah tak terhitung lagi jumlah streamer terkenal yang menjadi bagian dari Twitch.

3. Omlet Arcade

aplikasi live streaming game 3

Selain Twitch, Omlet Arcade adalah salah satu aplikasi live streaming Android terbaik wajib dicoba. Di sini tersedia ragam fitur unggulan yang memungkinkan kamu menyiarkan semua jenis game dengan lancar, termasuk Mobile Legends.

Bukan hanya di aplikasi Omlet Arcade saja, kamu juga bisa menayangkan live stream ke Facebook hingga Youtube untuk agar mendapatkan jangkauan yang lebih luas lagi. Omlet Arcade dibekali fitur voice chat untuk mengobrol dengan streamer lain.

4. TikTok

Meskipun fokus utamanya ada di video pendek, namun kini jenis konten di TikTok semakin beragam. Beberapa waktu lalu ada pengguna menyiarkan live streaming game dengan tampilan yang cukup bagus dan setup lengkap.

Namun, untuk bisa menggunakan TikTok sebagai aplikasi live streaming game , kamu membutuhkan tools tambahan untuk menghasilkan output yang bagus, salah satunya OBS (Open Broadcaster Software).

5. Nimo TV

aplikasi live streaming game 5

Nama aplikasi live streaming game PC dan Android Nimo TV mulai populer sejak dipromosikan para anggota e-Sports, seperti Oura Evos hingga Lemon RRQ. Di aplikasi ini tersaji ragam fitur yang memudahkan kita menunjukkan keahlian bermain game.

Menariknya, di Nimo TV kalian mendapatkan gaji pokok dengan nominal paling rendah 50 USD. Belum lagi penghasilan dari donasi dan sponsor. Sehingga tak heran Nimo TV masih bertahan dan sering digunakan streamer terkenal.
 

6. Youtube Live

Dari daftar-daftar sebelumnya, Youtube Live adalah aplikasi live streaming game terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Setiap hari ada ratusan bahkan ribuan channel memulai live stream game populer, seperti Minecraft hingga PUBGM.

Dibanding aplikasi sejenis, bisa dibilang platform ini memiliki banyak sumber penghasilan, mulai dari Adsense, donasi, langganan, dan kerja sama brand.

Buat kalian yang ingin dapat penghasilan dari bermain game, Youtube Live bisa jadi opsi terdepan. Tapi karena basis utamanya ada di penonton, jumlah subscriber sangat menentukan kesuksesan kalian di Youtube Live.

7. OBS Studio

aplikasi live streaming game 7

Secara fungsi OBS Studio memang bukan termasuk aplikasi khusus untuk melakukan live streaming secara langsung, namun ini bisa jadi media untuk menayangkan game yang kamu mainkan ke beberapa platform sekaligus.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur output video yang direkam dan disiarkan ke penonton dengan setting-an kamera, microphone, dan lain sebagainya.

Jadi, dari fitur dan kegunaannya, OBS Studio tetap layak disebut sebagai aplikasi live streaming game ringan yang wajib kamu coba, baik di PC maupun perangkat mobile.

8. XSplit Gamecaster

Seperti halnya OBS Studio, XSplit Gamecaster juga termasuk alat untuk live streaming game Android dan PC. Softwate ini berfungsi dengan baik jika kamu ingin menayangkan live stream ke Facebook, Youtube, maupun Twitch.

Sampai saat ini XSplit Gamecaster sudah memiliki lebih dari 20 juta pengguna yang tersebar di beberapa negara. Menariknya, aplikasi live streaming game di PC dan Android ini juga dibekali fitur yang memudahkan streamer mengatur konten.

Selain 8 daftar di atas, Bigo Live, Nonolive, dan Turnip Livestream bisa jadi opsi alternatif jika kalian ingin memulai live streaming game di Android maupun PC.

Cara Dapat Uang dari Live Streaming Game

Perjuangan untuk sukses dari live streaming memang tidak mudah, terlebih persaingan lumayan ketat. Tapi, sebagai permulaan kamu bisa memainkan game yang paling diminati saat ini, seperti Free Fire, PUBGM, ataupun Higgs Domino.

Setelah channel atau fanpage mulai dikenal orang banyak, selanjutnya kamu tinggal mengatur semua yang dibutuhkan untuk memonetisasi konten.

Beberapa sumber penghasilan yang bisa didapatkan streamer di antaranya:

1. Jaringan Iklan

Iklan merupakan sumber pendapatan utama bagi content creator. Bukan hanya streamer gaming, semua orang yang berkarya melalui platform digital, khususnya Youtube memanfaatkan iklan untuk menghasilkan uang.

Selain itu, saat ini Facebook dan Twitch juga memiliki fitur iklan, mulai dari in-stream ads hingga pre-roll. Meskipun tak semua penonton tertarik dengan iklan, kamu bisa melakukan pendekatan agar iklan tersebut tidak mengganggu mereka.

2. Donasi Penggemar

Selanjutnya donasi juga termasuk cara mendapat uang dari live streaming. Namun, hal ini hanya berlaku bagi streamer yang sudah memiliki penonton setia. Karena umumnya, mereka rela mengeluarkan uang agar bisa berinteraksi dengan kita.

3. Fitur Berlangganan

Selain iklan dan donasi, fitur Berlangganan juga sangat membantu streamer menghasilkan uang. Namun dari beberapa aplikasi live streaming game, hanya Youtube, Twitch, dan Facebook Gaming yang menyediakan fitur ini.

Dengan fitur Berlangganan, penonton bisa menyaksikan konten eksklusif dari streamer favorit mereka. Dari fakta di lapangan, tentunya hal ini akan sangat efektif bila kamu memiliki banyak pengikut atau subscriber.

4. Endorse atau Sponsor

Yang terakhir, kalau kamu berpengaruh di dunia gaming, penghasilan terbesar bisa datang dari endorsement atau sponsor. Contoh paling nyata adalah Ninja, ia dibayar oleh Apex Legends sekitar 1 juta USD pada 2019 lalu.

Penutup

Saat ini platform streaming lebih dari sekedar teknologi. Mereka juga menghadirkan layanan terbaik agar penonton dan pembuat konten merasa nyaman. Terlebih, masing-masing menawarkan daya tarik berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Demikian deretan aplikasi live streaming game terbaik untuk Android dan iOS. Daftar di atas bisa jadi wadah bagi pecinta game untuk mengobrol dengan penggemar maupun menghasilkan uang dari konten-konten yang dibuat.