15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi untuk Scan QR Code di Area Publik

Berikut deretan aplikasi terintegrasi PeduliLindungi yang dapat dimanfaatkan untu scanning QR Code di area publik hingga cek status kesehatan.
aplikasi terintegrasi pedulilindungi

Salah satu tindakan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 adalah dengan melakukan tracking atau pelacakan. Untungnya, saat ini semuanya semakin mudah berkat aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memastikan ada 15 aplikasi yang sudah diseleksi dan dipastikan keamanannya guna melakukan screening status kesehatan saat memasuki di area publik.

Selain itu, integrasi PeduliLindungi dengan aplikasi mitra bertujuan agar lebih mudah dan simpel. Sebab, sebagian besar aplikasi termasuk yang paling sering digunakan di Indonesia, seperti Tokopedia, Gojek, hingga Shopee.

Daftar Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi

Seperti yang kita tahu, PeduliLindungi merupakan platform andalan pemerintah dalam mengatasi Covid-19. Selain fitur pelacakan, PeduliLindungi juga dilengkapi cek sertifikat vaksin, status kesehatan, hingga scan QR area publik.

Nah, mengingat aplikasi PeduliLindungi hanya digunakan untuk situasi tertentu, tak sedikit masyarakat yang malas mengunduhnya.

Sehingga, pemerintah berinisiatif menggandeng pihak ketiga agar program pengendalian Covid-19 berjalan lancar. Berikut ini daftar aplikasi terintegrasi PeduliLindungi yang resmi dan aman.

1. Tokopedia
2. Shopee
3. Gojek
4. Grab
5. LinkAja
6. DANA
7. Traveloka
8. Tiket.com
9. Loket.com   
10. Livin’ by Mandiri
11. BNI Mobile
12. MCash
13. Cinema XXI
14. Goers
15. JAKI

Selain 15 daftar di atas, dalam waktu dekat pemerintah akan mengumumkan 35 aplikasi tambahan yang akan terintegrasi dengan PeduliLindungi. Saat ini aplikasi-aplikasi tersebut masih dalam tahap uji coba.

Lantas, apakah aplikasi di atas menjamin keamanan data pengguna?

Pada dasarnya, aplikasi-aplikasi yang admin sebutkan di atas merupakan aplikasi legal dan berizin dari lembaga tekait. Terlebih, pemerintah tidak sembarangan memberi akses fitur PeduliLindungi kepada aplikasi abal-abal.

Semua sudah melewati tahap pengujian dan tes dari para ahli, termasuk Keminfo dan Divisi Cyber Polri. Apalagi akses data termasuk data yang sudah terenkripsi dalam bentuk token sehingga aman dari tindak pencurian maupun phising.

Selain itu, data yang diakses untuk aplikasi PeduliLindungi tidak tersimpan dalam aplikasi mitra. Melainkan hanya data status saat pengguna masuk ke area publik.

Jadi intinya kamu tidak perlu khawatir soal keamanan. Semua sudah diatur sesempurna mungkin agar masyarakat tetap aman dan semakin dimudahkan.

Demikian deretan aplikasi terintegrasi PeduliLindungi yang bisa kamu gunakan untuk scan QR Code di area publik. Selain simpel, cara kerjanya juga sangat mudah. Cukup masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP.