Cara Mudah Stitch Video TikTok dari Galeri HP, Cek Detailnya

Berikut cara stitch video TikTok dengan video dari galeri. Bagi yang ingin memberi tanggapan terhadap konten dari kreator lain, ikuti panduan di sini.
Cara Stitch Video TikTok dari Galeri

Pada dasarnya, stitch adalah tanggapan atau reaksi terhadap suatu video. TikTok sudah lama menghadirkan fitur ini. Meskipun sering digunakan, tak sedikit yang belum tahu cara stitch video TikTok dengan video dari galeri hp.

Dalam fitur ini, pengguna dapat memilih dan merekam klip dari video kreator TikTok lain. Bukan hanya yang sedang ramai saja, semua video bisa di-stitch asalkan pemilik konten memberi izin.

Nantinya, video yang dihasilkan memiliki tampilan split-screen, dimana klip video TikTok asli ditampilkan di bagian atas dan video pengguna di bagian bawah.

Stitch memungkinkan pengguna berinteraksi dengan kreator lain dan memberikan tanggapan terhadap video mereka. Kalau kamu belum tahu cara nge stitch video TikTok dari galeri, simak penjelasan di artikel ini.

Sekilas Tentang Stitch di TikTok

Stitch artinya apa? Dalam artian singkat, ini adalah fitur untuk membuat video pendek dengan mengombinasikan bagian dari video lainnya. Bisa dalam bentuk reaksi atau tanggapan positif maupun negatif.

Kita bebas menggunakan fitur stitch TikTok untuk membuat video parodi, tanggapan, atau meme. Durasinya tak lebih dari 5 detik, namun kalau direkam dan diedit sendiri tanpa stitch maksimal bisa sampai 5 menit.

Setelah selesai merekam, kamu bisa menambahkan teks, filter, maupun efek lain sesuai keinginan. Fitur Stitch TikTok dapat meningkatkan interaksi dan engagement. Selain itu juga membantu pengguna menemukan ide konten.

Sayangnya, format stitch TikTok dilakukan dengan cara merekam langsung. Sementara untuk stitch video dari galeri hp, hanya bisa manual lewat aplikasi edit video.

Tapi jangan khawatir, caranya sangat mudah. Kamu tinggal download video TikTok tanpa watermark, lalu gunakan aplikasi CapCut dan edit sesuai keinginan. Selengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

Cara Stitch Video TikTok

Sebelum membahas cara nge stitch video TikTok dari galeri, Phonesable mau jelaskan sedikit panduan cara stitch secara langsung. Fitur Stitch dapat dilihat pada bagian video dan bisa diklik oleh semua pengguna.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk ke TikTok dan cari video yang mau di-stitch
  • Jika sudah ketemu, klik tombol Share atau Bagikan (ikon panah)
  • Kemudian scroll ke kiri dan klik opsi “Stitch”
  • Selanjutnya pilih bagian video yang mau ditampilkan pada video stitch kamu
  • Setelah itu klik Next dan rekam video
  • Lalu klik Next untuk memposting video di TikTok

Sebelum itu jangan lupa untuk membuat caption, hashtags, dan menambahkan filter maupun audio. Intinya edit ulang agar konten kamu terlihat lebih menarik, sehingga peluang masuk FYP lebih besar.

Cara Stitch Video TikTok dari Galeri

Seperti yang penjelasan awal, TikTok belum memiliki fitur stitch video dari galeri hp. Tapi bukan berarti kita tak bisa melakukannya. Hanya saja metodenya sedikit berbeda, yakni menggunakan aplikasi CapCut.

Kenapa harus CapCut? Apa bisa pakai aplikasi edit video lain? Sebenarnya bisa saja, namun CapCut memiliki fitur share langsung ke TikTok sehingga lebih memudahkan pengguna.

Berikut cara stitch video TikTok dengan video dari galeri hp Android dan iOS:

  • Pertama cari video yang hendak di-stitch
  • Silahkan copy link dan download videonya
  • Untuk download video TikTok tanpa watermark, gunakan situs Snaptik
  • Jika sudah, buka CapCut pastikan login pakai akun TikTok
  • Selanjutnya pilih New Project dan pilih video yang sudah diunduh dan video kamu
  • Edit sesuai keinginan
  • Terakhir klik Ekspor untuk menyimpan

Sampai tahap ini cara stitch video TikTok dari galeri sudah selesai. Berikutnya tinggal bagikan ke TikTok dan tambahkan caption serta hashtag.

Dengan mengikuti metode ini, tampilan stitch-nya akan berbeda. Kamu harus menambahkan nama akun dan #stitch secara manual.

Cara Agar Video Stitch Masuk FYP TikTok

Setelah posting selesai, video yang dihasilkan akan muncul di profil dan dapat ditemukan pengguna lain di halaman "For You" TikTok. Tapi tentunya tak mudah mendapatkan keistimewaan FYP dari konten video yang dibuat.

Ada banyak hal yang mesti dipahami agar video yang di-stitch maupun konten lain masuk FYP. Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman pengguna dan algoritma TikTok.

1. Jam FYP TikTok

Jam FYP TikTok adalah waktu yang disarankan bagi kreator untuk mem-publish video. Metode ini sudah sering digunakan para kreator dan terbukti ampuh. Hasilnya video mereka langsung masuk FYP tanpa harus menunggu lama.

FYP sendiri merupakan istilah lain dari “trending”. Nantinya video yang berada di FYP (For You Page) lebih mudah dilihat pengguna sehingga viewers-nya terus meningkat.

Umumnya, jam FYP TikTok memiliki kriteria dimana banyak pengguna berada di aplikasi. Contohnya ketika instirahat makan siang atau malam hari sebelum tidur.

Berdasarkan sumber terpercaya, berikut beberapa jam FYP TikTok:

HariJam WIB
Senin12.00 - 13.00
Selasa16.00
Rabu11.00 - 13.00 dan 21.00
Kamis12.00 - 13.00 dan 20.00 - 23.00
Jum’at11.00 – 13.00
Sabtu - Minggu09.00 - 21.00


2. Pemilihan audio

Selanjutnya, cara stitch video TikTok dengan video dari galeri agar masuk FYP adalah memilih audio atau backsound yang tepat. Biasanya ketika berada di halaman “Suara”, ada opsi “Untuk Anda” yang merupakan lagu populer.

Jika menggunakan lagu tersebut, besar kemungkinan video TikTok kamu masuk FYP. Pasalnya, audio populer banyak dicari pengguna TikTok karena musiknya enak didengar.

Selain dua metode di atas, cara lain yang wajib diperhatikan adalah penggunaan filter atau efek. Jangan lupa juga membuat caption sesuai isi konten dan hashtags #fyp #foryoupage #fyp #viral.

Akhir Kata

TikTok menghadirkan fitur stitch sebagai sarana bagi konten kreator untuk memberi tanggapan. Entah itu dalam bentuk protes, reaksi lucu, maupun menjelaskan isi video secara singkat.

Demikian ulasan tentang cara stitch video TikTok dengan video dari galeri. Bagi kamu yang ingin sukses di TikTok, membuat konten stitch atau reaction patut dicoba. Ada banyak contoh kreator yang sukses dari konten seperti ini.