11 Game Java Terbaik Sepanjang Masa, Seru dan Penuh Nostalgia!

Penuh akan nostalgia, beberapa game java terbaik ini sempat mengisi hari-hari generasi 90-an. Penasaran apa saja gimnya? Yuk baca artikel berikut.
Game Java Terbaik Sepanjang Masa

Game java terbaik boleh jadi pilihan kalau kamu bosan memainkan kategori game mainstream. Selain seru, gameplay yang ditawarkan membawa kembali kenangan masa lalu, khususnya bagi generasi 90-an.

Berbekal hp Sony Ericsson atau Nokia dengan OS Symbian, game java mengalami pertumbuhan pesat. Apalagi saat itu teknologi mulai berkembang, beberapa game sudah mengandalkan grafik dan alur cerita yang memukau.

Kalau kamu tahu Waptrik, ini adalah platform yang umum digunakan untuk mengunduh game java. Selain itu, ada juga koleksi lagu hingga video yang bisa di-download secara gratis.

Berikut beberapa rekomendasi game java terbaik. Ada banyak genre mulai dari balapan, petualangan, aksi, hingga olahraga. Yuk simak sampai selesai!

Daftar Game Java Terbaik

Seiring dengan perkembangan teknologi, game Java juga terus berkembang dengan fitur dan grafis yang lebih baik. Hanya saja, kalau dibandingkan dengan game Android maupun iOS, kualitasnya masih kalah jauh.

Lantas, apa saja game java terbaik sepanjang masa? Berikut rekomendasinya:

1. Bounce Tales


Di daftar pertama ada Bounce Tales masuk jajaran game Java jadul. Di sini kita akan mengendalikan bola untuk melompati berbagai penghalang dan mengumpulkan koin. Kesulitannya akan semakin meningkat berdasarkan level.

Game ini menawarkan grafis yang cerah, serta musik yang menyenangkan. Pemain harus melewati berbagai tantangan, termasuk menghindari rintangan seperti jebakan, lubang, dan musuh yang menghalangi jalan.

2. SimCity: World Adventure

Kedua ada SimCity: World Adventure yang merupakan game java simulasi kehidupan kota. Dikembangkan oleh Maxis, game ini rilis pada tahun 2009 dan merupakan game lanjutan dari SimCity 4.

Dalam game SimCity: World Adventure, kita bertindak sebagai Walikota yang bertanggung jawab untuk mengelola kota. Pemain harus membangun fasilitas seperti jalan, taman, sekolah, dan tempat-tempat umum lainnya.

Selain itu, SimCity: World Adventure memungkinkan kita berinteraksi dengan kota lain di seluruh dunia melalui fitur online. Pemain dapat berkunjung dan berbagi sumber daya untuk membangun kota yang lebih baik.

3. Gangstar Rio: City of Saints


Gangstar Rio: City of Saints adalah game aksi petualangan yang dikembangkan oleh Gameloft dan dirilis pada tahun 2011. Game ini jadi bagian dari seri Gangstar dan merupakan sekuel dari Gangstar: Miami Vindication.

Di sini kita mengendalikan karakter bernama Raul, seorang mantan tentara yang terlibat dalam dunia kejahatan Rio de Janeiro. Kita harus menyelesaikan misi untuk mendapatkan uang dan naik pangkat di dunia kriminal.

Secara keseluruhan, Gangstar Rio: City of Saints adalah game java terbaik dengan sajian ragam fitur menarik. Game ini cocok bagi mereka yang mencari pengalaman yang seru dan intens.

4. Crazy Penguin Catapult

Begitu populer di tahun 90-an, Crazy Penguin Catapult juga wajib dicoba kalau kamu mencari game Java yang menantang. Game ini mengharuskan kita membantu para penguin untuk berlari dan menantang bahaya.

Tujuannya jelas, mencapai garis finish secepat mungkin. Keunikan dari game Penguin ini adalah opsi untuk menggunakan berbagai senjata seperti katapel guna memudahkan dalam melewati berbagai rintangan.

5. Sonic the Hedgehog


Sonic the Hedgehog adalah permainan platform 2D side-scrolling yang dikembangkan oleh Sega. Karakter utamanya adalah Sonic, seekor landak biru yang mengandalkan kecepatan lari sebagai kemampuan utama.

Di game java ini kita akan melalui serangkaian level yang terdiri dari 2-3 act. Tujuannya tak lain untuk mengumpulkan cincin emas sebanyak mungkin. Cincin emas digunakan sebagai mata uang untuk membuka konten bonus.

Meskipun terlihat simpel, nyatanya kita harus melewati banyak rintangan, seperti musuh, jeruji kawat, dan jebakan lain. Apa kamu pernah mencoba gimnya?

6. Assassin's Creed

Kehadirkan Assassin's Creed semakin menambah daftar game java terbaik. Game bertemakan aksi-petualangan ini dikembangkan oleh Ubisoft. Tujuan utama kita adalah menyelesaikan misi pembunuhan terhadap target tertentu.

Dalam game ini kita mengontrol karakter bernama Desmond Miles. Secara konsep memang sangat luas, apalagi kita bebas menjelajahi open world dengan gerakan akrobatik dan stealth.

Terdapat banyak senjata, armor, dan perlengkapan yang dapat dikumpulkan dan digunakan. Disamping itu, kita juga bisa meng-upgrade kemampuan karakter.

7. Asphalt 3: Street Rules


Asphalt 3: Street Rules juga merupakan salah satu game java Android. Cara bermainnya tak jauh berbeda dari balap mobil lain. Di awal kita akan memilih mobil untuk digunakan saat balapan dengan spesifikasi berbeda.

Ada ragam event atau mode yang tersedia, seperti Simple Race, Knockdown, hingga tantangan waktu. Selama balapan berlangsung, kita dapat mengumpulkan item-item penting.

Seperti nitro untuk meningkatkan kecepatan sementara, dan repair kit untuk memperbaiki kerusakan mobil.

8. Pro Evolution Soccer 2014

Meskipun sudah didukung teknologi modern, nyatanya PES 2014 juga termasuk game java terbaik, lho. Sejak dulu game milik Konami ini memiliki banyak penggemar karena gameplay dan grafis yang sangat memukau.

Kalau kamu pecinta bola, pasti tak asing dengan game ini. Pro Evolution Soccer 2014 dimainkan dengan stik atau kontroler dengan fungsi berbeda. Di dalam game kamu bisa menikmati banyak fitur, seperti PES League hingga Team Play.

9. Snake III


Snake III mungkin sangat familiar bagi banyak gamers, khususnya generasi 90-an. Ini adalah game Java klasik yang sangat populer hingga saat ini. Gameplay-nya sangat sederhana sehingga cocok untuk berbagai usia.

Secara konsep, cara bermain Snake III tak jauh berbeda seperti game cacing Android. Kita hanya perlu mengarahkan ular ke makanan. Tapi pastikan jangan sampai menabrak dinding atau badannya sendiri.

10. Asphalt: Urban GT 2

Jika kamu tertarik memainkan game java Android dengan grafik bagus, Asphalt: Urban GT 2 bisa jadi pilihan. Selain itu, game dari Gameloft ini menawarkan gameplay yang cukup menantang layaknya balapan di dunia nyata.

Asphalt: Urban GT 2 memiliki beberapa mode, yakni Career, Fast Race, dan Multiplayer. Kita dapat menyelesaikan misi untuk upgrade item atau membuka mobile baru yang lebih bagus.

Selama balapan berlangsung, kita berkesempatan mengais bonus untuk meningkatkan performa mobil. Seperti nitro yang mampu menambah kecepatan secara instan.

11. Metal Slug  


Siapa sih yang tak tahu Metal Slug? Admin yakin anak 90-an sangat suka memainkan game arcade ini. Meskipun hadir dengan konsep sederhana, namun keseruannya tak kalah dengan game Android yang dibekali teknologi modern.

Metal Slug adalah game java terbaik yang dimainkan secara horizontal. Karakter berjalan dan menembak musuh dengan senjata. Nantinya, kita bisa meningkatkan kemampuan dari item yang tersedia di dalam game.

Metal Slug menampilkan grafik 2D yang lumayan bagus di zamannya. Selain itu, audio musiknya juga sangat ikonik. Kalau mau bernostalgia kamu bisa unduh gimnya di Play Store dengan membayar Rp49.000,

Kelebihan dan Kekurangan Game Java

Game java adalah permainan yang dikembangkan dengan menggunakan platform Java. Singkatnya, Java adalah bahasa pemrograman populer dan banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan game.

Keuntungan dari penggunaan platform Java dalam hal membuat game dapat dijalankan pada berbagai platform, seperti Windows, Mac, Linux hingga Android.

Game Java umumnya memiliki ukuran file yang kecil dan dapat dijalankan pada berbagai jenis perangkat, termasuk smartphone. Hal ini yang membuat game Java sangat populer.

Karena keterbatasan teknologi pada waktu itu, game Java dibekali grafis sederhana dan gameplay yang simpel. Namun, ada juga game java yang cukup rumit dan menarik dengan grafis lebih baik.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan game Java dibandingkan dengan platform game modern:

Kelebihan Game JavaKekurangan Game Java
Ukuran file kecilGrafis sangat sederhana
Kompatibilitas yang luasKurang fitur dan konten
Konsumsi daya baterai rendahTidak ada dukungan fitur online
Mudah dimainkanGameplay kurang seru


Beberapa contoh game Java yang dulu sangat populer adalah Snake III, Super Mario Bros, Age of Empires II, dan lain sebagainya. Bisa dilihat kalau semuanya memiliki grafik rendah.

Saat ini, meskipun popularitas game Java telah menuru karena adanya platform Android dan iOS, namun banyak orang masih memainkan game Java sebagai hiburan atau nostalgia.

Akhir Kata

Meskipun game Java sudah tak sepopuler dulu, namun beberapa orang masih memainkannya hingga saat ini. Hanya saja sangat jauh berkurang karena munculnya platform game modern seperti Android dan iOS.

Jadi itulah beberapa game java terbaik sebagai referensi. Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah memainkan game-game di atas kan? Atau malah punya pengalaman bermain game java seru lainnya?