Kenapa Efek di Instagram Loading Terus? Ini Cara Mengatasinya

Bingung kenapa efek di Instagram loading terus atau macet? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya pada ulasan berikut.
kenapa efek di instagram loading terus

Setiap harinya jumlah pengguna Instagram terus meningkat, hal ini tak lepas dari hadirnya ragam fitur dan filter menarik. Namun, tak jarang filter atau efek di Instagram loading terus sehingga pengguna kesulitan membuat IG Story.

Seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu Instagram memutuskan untuk mengabaikan postingan foto dan fokus di konten video. Hadirnya fitur Reels menjadi awal dari “New Instagram” yang dipercaya akan menyaingi TikTok.

Nah, kalau aplikasi Instagram kamu masih bermasalah dengan efek atau filter, kami telah merangkum beberapa penyebab efek Instagram loading terus dan panduan untuk mengatasinya.

Penyebab Efek di Instagram Loading Terus

Sebenarnya masalah efek yang macet atau terus loading sudah sering dikeluhkan. Oleh sebab itu, setiap update versi terbaru, Instagram selalu menulis perbaikan bug dan penyesuaian efek pada kolom deskripsi Google Play.

Namun, kalau kamu tidak merasakan dampak dari perbaikan tersebut, mungkin ada alasan lain yang menyebabkan efek di Instagram loading lama.

1. Aplikasi Belum Diperbarui

Dibanding sosial media lain, Instagram punya banyak keunggulan yang membuatnya sangat populer di seluruh dunia. Namun seperti aplikasi pada umumnya, saat keluar versi terbaru pengguna wajib melakukan update agar fungsinya tetap optimal.

Pasalnya, versi lama sangat memungkinkan terjadinya bug atau error yang akan berpengaruh pada IG Story maupun fitur lainnya. Bisa jadi, efek Instagram yang loading terus disebabkan karena kamu lupa memperbarui aplikasi.

2. Koneksi Internet Lemot

Selanjutnya, penyebab filter Instagram tidak mau muncul juga ada kaitannya dengan jaringan. Sebab, semua konten yang hendak kita upload sangat bergantung pada internet, apalagi jika ada penambahan efek, musik, dan teks.

Jadi, sebelum menggunakan efek IG, sebaiknya pastikan dulu koneksi internet kamu lancar dan stabil dengan jaringan 4G atau minimal H+.

3. Spesifikasi HP Kurang Mendukung

Masalah lain yang juga bisa jadi penyebab efek di Instagram loading terus adalah hp kamu kurang mendukung. Sebab, dengan filter dan fitur yang semakin banyak, Instagram membutuhkan perangkat dengan spesifikasi besar, minimal RAM 2GB.

Selain itu, sejak hadirnya Reels, Instagram memberikan kebijakan baru perihal mana saja perangkat yang bisa menggunakan fitur mereka. Jadi, jika bermasalah ketika menerapkan filter, kemungkinan hp kamu tidak masuk kriteria tersebut.

Tapi, jangan khawatir, saat ini ada banyak hp gaming 1 jutaan yang dibekali spesifikasi canggih. Bukan hanya untuk main game, membuka aplikasi berat seperti Instagram pasti jadi lebih lancar.

4. Data Cache Instagram Penuh

Cache berperan penting ketika aplikasi mengalami error. Sebab, file yang juga sering disebut data sampah ini hanya memenuhi ruang penyimpanan. Pada banyak kasus, cache akan menghambat pemuatan filter sehingga sulit diterapkan.

Bukan hanya Instagram, semua aplikasi mobile dan software PC juga memiliki cache data yang harus rutin dibersihkan guna memaksimalkan kinerja perangkat.

5. Memori Internal Sisa Sedikit

Selain cache data, memori internal yang tinggal sedikit juga bisa jadi penyebab efek Instagram loading lama. Dengan begitu, hp kamu akan membatasi semua aktivitas ketika membuka aplikasi yang membuat filter Instagram berputar terus.

Oleh sebab itu, jangan lupa periksa memori internal ketika muncul notifikasi ruang penyimpanan hampir penuh. Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan aplikasi booster terbaik yang akan membantumu mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Efek di Instagram Loading Terus

Ketika menghadirkan fitur tambahan seperti IGTV dan Reels, ukuran aplikasi Instagram memang jauh bertambah. Sehingga, di beberapa smartphone jadul dengan RAM terbatas mungkin akan kesulitan menggunakan efek Instagram terbaru.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebabnya, berikut cara mengatasi efek di Instagram loading terus yang bisa dicoba. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya sampai tuntas, ya!

1. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

kenapa efek di instagram loading lama

Bukan hanya Instagram saja, semua aplikasi maupun game pasti jadi kurang optimal kalau belum di-update. Untuk itu, ketika efek Instagram loading lama, salah satu solusinya bisa dengan memperbarui aplikasi.

Untuk pengguna Android, kamu bisa update aplikasi di Google Play, sementara yang menggunakan iPhone, silahkan kunjungi App Store. Tapi, pastikan dulu ruang penyimpanan di perangkat masih tersisa minimal 1GB, ya!

2. Hapus Cache Data

cara mengatasi efek instagram loading terus

Lantas, kenapa filter Instagram masih loading terus padahal sudah diupdate? Mungkin karena cache data aplikasi sudah penuh. Sebab, data sampah atau cache yang menumpuk akan membuat kinerja aplikasi jadi terganggu.

Untuk itu, kamu perlu menghapus cache data di pengaturan perangkat. Caranya buka menu Apl di Xiaomi atau App Manager di hp lainnya, lalu pilih Instagram dan klik Clear Cache. Jika sudah, coba buat IG Story dan gunakan filter favoritmu.

3. Hapus Semua Data Aplikasi

Solusi berikutnya untuk mengatasi filter Instagram muter terus adalah dengan menghapus data aplikasi. Meskipun mengharuskan kamu login kembali, berdasarkan ulasan pengguna di Google Play, cara ini terbukti berhasil.

Untuk langkah-langkahnya, silahkan buka menu Pengaturan, lalu masuk ke Aplikasi, pilih Instagram, dan klik Clear Data. Tapi pastikan dulu kamu mengingat email dan password IG kamu, ya!

4. Hentikan Paksa Instagram

efek di instagram loading lama

Kalau masih belum berhasil juga, mungkin kamu perlu mencoba menghentikan paksa aplikasi. Metode ini berfungsi agar Instagram menghapus semua data sistem yang berjalan dan memulai kembali dari awal.

Menghentikan paksa atau forced close aplikasi memang terlihat simpel, tapi beberapa pengguna berhasil menggunakan kembali semua efek di Instagram tanpa kendala setelah menerapkan cara ini.

5. Restart HP

Sebenarnya cara mengatasi filter Instagram yang loading lama di hp Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, maupun iPhone sama saja. Metode yang satu ini mungkin cukup mainstream dan sering digunakan untuk mengatasi semua masalah pada perangkat.

Ketika efek atau filter IG macet, silahkan restart hp kamu dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, buka kembali Instagram dan coba buat story dengan efek yang kamu inginkan. Bisa dibilang metode ini sangat efektif di semua perangkat.

6. Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Terakhir, menginstal ulang aplikasi bisa jadi pilihan terakhir yang bisa dicoba kalau filter IG tidak dapat memuat efek. Tapi, sebaiknya coba dulu lima cara di atas agar kuota kamu tidak habis untuk mengunduh Instagram.

Disamping itu, pastikan kamu mengunduhnya di Google Play atau App Store, ya! Jangan pernah menggunakan aplikasi dari situs pihak ketiga. Sebab, biasanya APK tersebut sudah dimodifikasi akan mengganggu kinerja perangkat.

Penutup

Mengingat saat ini fitur di IG semakin menarik, sebaiknya segera lakukan panduan di atas agar kamu bisa kembali membuat IG Story. Meskipun terlihat sepele, nyatanya cara tersebut terbukti berhasil mengatasi masalah efek yang error di Instagram.

Jadi, itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan tentang penyebab kenapa efek di Instagram loading terus beserta cara mengatasinya. Panduan di atas dapat diterapkan untuk Xiaomi, Samsung, Vivo, iPhone, dan semua perangkat Android maupun iOS.