Cara Bermain Axie Infinity, Game NFT Terbaik yang Menghasilkan Koin Kripto

Penasaran dengan game Axie Infinity? Berikut beberapa hal yang bisa kamu ketahui, mulai dari panduan bermain hingga cara menghasilkan uang.
game axie infinity

NFT atau Non-fungible Token saat ini tengah menggila. Selain karena peminat cryptocurrency semakin banyak, game dengan sistem NFT juga menjadi faktor yang mendasarinya. Salah satu game tersebut adalah Axie Infinity.

Di Indonesia mungkin game ini belum terlalu populer, namun di negara lain seperti Filipina, Venezuela, hingga Amerika, Axie Infinity sudah banyak dimainkan, bahkan jadi sebuah pekerjaan untuk menghasilkan uang.

Nah, kalau kamu tertarik mengetahui lebih dalam apa itu game Axie Infinity, berikut hal-hal dasar yang bisa jadi referensi. Mulai dari panduan bermain, cara mendapatkan penghasilan, dan lain sebagainya.

Apa itu Axie Infinity?

game nft axie infinity

Axie Infinity adalah game NFT yang dikembangkan melalui jaringan blockchain. Sementara konsep yang ditawarkan, game ini bertemakan PvP dengan karakter mirip seperti Angry Bird yang biasa disebut sebagai “Axies”.

Selain PvP (Player vs Player), Axie Infinity menggabungkan sistem pertarungan combat berbasis kartu. Setiap karakter memiliki kemampuan unik yang dikategorikan dalam 9 tipe dan dapat ditingkatkan sesuai keinginan.

Lantas, apa alat tukar yang digunakan di Axie Infinity? Kalau kalian pemain kripto, pasti tahu koin SLP (Small Love Potion), kan? Nah, game ini menggunakan SLP yang merupakan token ERC 20 untuk melakukan transaksi, baik membeli maupun menjual.

Di awal permainan, tentunya kamu harus memiliki koin SLP terlebih dahulu. Setelah itu, jika ingin bertarung dengan pemain lain, kamu diwajibkan memiliki karakter (Axies) minimal 3 ekor.

Kalau menang, kamu akan dapat koin SLP dengan jumlah rata-rata 13 SLP. Sekedar info, saat ini harga Small Love Potion setara dengan Rp1.900 dan pasti akan terus bertambah mengingat fundamental-nya sangat bagus.

Selain bertarung, cara menghasilkan uang di Axie Infinity juga bisa dengan menjual karakter atau aset. Menariknya, Axies dapat dikembangbiakkan maksimal tujuh kali, sehingga sudah pasti game ini sangat menguntungkan.

Cara Bermain Game Axie Infinity

cara bermain axie infinity

Jadi, sudah tahu kan apa itu Axie Infinity? Selanjutnya mari bahas tentang cara bermain game ini mulai dari awal sampai menghasilkan uang melalui koin kripto Small Love Potion (SLP).

Seperti penjelasan di awal, pemain membutuhkan minimal tiga Axies untuk memulai pertarungan dengan pemain lain. Dengan begitu, kalau ingin bermain kamu harus melakukan transaksi pembelian Axies di Marketplace game.

Berikut beberapa langkah cara bermain Axie Infinity di hp dan desktop:

Langkah 1:

buat akun metamask

  • Pertama pastikan kamu sudah membuat akun MetaMask untuk membeli ETH (Ethereum)
  • Belum punya? Silahkan download dan daftar melalui link berikut https://metamask.io/
  • Jangan lupa install extension Ronin Wallet di browser
  • Jika sudah, langsung kunjungi situs https://axieinfinity.com/ melalui browser (disarankan Chrome)
  • Kemudian masuk ke menu Marketplace di bagian atas
  • Lalu klik tombol Login dan pilih opsi MetaMask
  • Terakhir, masuk ke Account dan lakukan Deposit ETH dari MetaMask ke Ronin

Langkah 2:

beli axies di marketplace

  • Selanjutnya kita akan membeli karakter (Axies) di Marketplace
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi, mulai dari Axies, Lands, Items, dan Bundles
  • Di bawah item dan karakter sudah tertera harganya, silahkan pilih sesuai budget
  • Untuk harga Axies, paling murah $163 atau sekitar Rp2.300.000
  • Yang artinya, untuk tiga Axies kamu harus mengeluarkan uang Rp7 jutaan
  • Jika pilihan sudah ditentukan, klik karakter dan klik Buy Now

Langkah 3:

cara download axie infinity

  • Setelah punya tiga Axies, selanjutnya kita bisa mulai bermain
  • Tapi, download dulu aplikasi Axie Infinity melalui PC Windows, macOS, Android, atau iOS
  • Pada laman situs https://axieinfinity.com/, lalu klik tombol “Play Now”
  • Kemudian simpan file ZIP dan lakukan instalasi
  • Untuk PC, login bisa langsung melalui akun Ronin Wallet, sedangkan smartphone melalui QR Code akun Marketplace Axie Infinity
  • Jika login sudah berhasil, berikutnya hubungkan Axie yang sudah dibeli dengan klik “Sync Axie”    
  • Terakhir, Axie di Inventory Markplace akan terdeteksi otomatis dan bisa dimainkan

Dengan harga yang sangat mahal untuk sebuah game, apa kalian masih tertarik bermain Axie Infinity? Kalau merasa NFT termasuk investasi yang menguntungkan, silahkan manfaatkan kesempatan ini sebelum Axie Infinity semakin populer.

Cara Menghasilkan Uang dari Game Axie Infinity

Nah, setelah memiliki Axie dan game-nya terinstall di perangkat, mungkin kamu perlu tahu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari game Axie Infinity. Karena game ini berbasis blockchain, kesuksesannya sangat bergantun pada jumlah pemain.

Tapi jangan khawatir, developer Axie Infinity mengklaim kalau game ini memperoleh pendapatan lebih dari 90.000 ETH atau sekitar Rp4.217.681.332.800 (empat triliun rupiah).

Dengan kata lain, Axie Infinity mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak pertama kali dirilis. Pasalnya, game ini sangat berbeda dengan game penghasil uang lainnya, dimana jika ingin bermain kita harus mengeluarkan uang atau play to earn.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari game Axie Infinity? Berikut ini beberapa opsi yang ditawarkan developer:

  1. Bertarung dengan pemain lain atau PvP untuk mendapatkan SLP (Small Love Potion)
  2. Mengembangbiakkan Axies dan menjualnya di Marketplace
  3. Mengumpulkan karakter atau Axies langka seperti Mytics dan Origins
  4. Bertani “love potions” untuk dijual ke exchange cryptocurrency
  5. Token AXS (Axie Infinity Shards) bisa digunakan untuk membeli item dan aset

Selain lima opsi di atas, para pemain juga bisa menjual Axies di Marketplace dengan metode pembayaran Ethereum. Nantinya, token atau koin tersebut dapat dikonversi ke mata uang rupiah melalui exchange kripto.

Meskipun harus mengeluarkan modal di awal, namun potensi pendapatan dari Axie Infinity sangat besar. Misal, kamu membeli tiga Axies, dalam waktu singkat Axies tersebut beranak-pinak menjadi maksimal 21 ekor.

Untuk Axies dengan kemampuan standar, harga paling rendah $150, belum termasuk item, kartu dan bundle. Terbayang kan kenapa kenapa Axie Infinity menjadi game NFT paling populer saat ini?

Game Axie Infinity Halal atau Haram?

Bicara halal atau haram, MUI (Majelis Ulama Indonesia) belum mengeluarkan fatwa tentang game Axie Infinity. Namun, beberapa waktu lalu sejak investasi kripto semakin populer, para Ulama berpendapat kripto hukumnya sah.

Tapi dengan catatan tidak terjadi unsur ketidakpastian (gharar) dalam transaksi tersebut. Jadi intinya, semua kembali ke diri masing-masing. Kalau masih ragu dengan hukum halal atau haram game Axie Infinity, sebaiknya jangan dimainkan.

Kesimpulan

Axie Infinity mengusung konsep play to earn berbasis NFT dimana setiap orang bisa bermain, menghasilkan aset, menjual aset tersebut ke pemain lain, dan mendapatkan uang dalam bentuk koin kripto Ethereum, Small Love Potion, dan AXS.

Demikian penjelasan tentang game Axie Infinity lengkap dengan panduan bermain, cara mendapatkan uang, hingga potensi game NFT ini di masa depan. Mengingat cryptocurrency semakin berkembang, tak ada salahnya untuk mencoba, kan?