Cara Bermain CryptoKitties, Game NFT Kucing Digital Berbasis Ethereum

Tertarik dengan game NFT? Berikut ulasan tentang cara bermain CryptoKitties dan panduan menghasilkan uang melalui koin Ethereum.
cara main cryptokitties

Cara Bermain CryptoKitties
– Sebagai salah satu game NFT yang menghasilkan uang, CryptoKitties cukup digemari, khususnya bagi pemilik aset kripto. Terlebih, game ini punya masa depan cerah karena berbasis koin Ethereum.

Mengusung tema koleksi dan membiakkan kucing digital, CryptoKitties bisa dimainkan di perangkat Android maupun PC. Tapi tentunya, kamu harus memiliki modal awal untuk membeli karakter di dalam game.

Nah, kalau ini tahu lebih lanjut tentang game NFT ini, berikut panduan cara bermain CryptoKitties mulai dari beli Ethereum, install MetaMask, buat akun, hingga cara menghasilkan uang.

Sekilas Tentang Game NFT CryptoKitties

CryptoKitties adalah game kripto penghasil uang dengan jaringan blockchain seperti halnya game NFT lain. Di game ini pemain bisa mengumpulkan dan membiakkan karakter yang disebut “Kittens” dengan tampilan unik dan lucu.

CryptoKitties didukung oleh jaringan blockchain Ethereum, sebuah cryptocurrency yang sama seperti Bitcoin. Mulai populer pada 17 Desember, CryptoKitties turut andil dalam 25% lalu lintas perdagangan Ethereum.

Berbeda dari Dragonary yang memungkinkan kita bertarung dengan pemain lain, CryptoKitties tidak memiliki tujuan ataupun misi. Kamu hanya bisa memiliki kucing digital, setelah itu bebas mau dibiakkan atau dijual.

Selain tampilan yang berbeda, karakter Kittens di CryptoKitties juga memiliki jenis kelamin, sehingga proses pembiakkan karakter jadi lebih mudah. Di sini, karakter jantan biasa disebut Sire dan betina Dame.

Meskipun hanya sebuah permainan, namun kamu tidak bisa mengontrol karakter CryptoKitties selain membeli, membiakkan, dan menjual.

Untuk harga Kittens sendiri bervariasi, namun untuk jenis yang langka bisa mencapai $100.000 per ekor kucing digital.

Panduan Lengkap Cara Bermain CryptoKitties

Bagaimana, dengan fitur dan keuntungan tersebut, masih tertarik memainkan game NFT yang satu ini? Agar lebih mudah, silahkan simak cara bermain CryptoKitties berikut lengkap dengan panduan menghasilkan uang.

1. Mulai dengan Menyiapkan Akun

a. Beli Ethereum

Sebelum memulai permainan, kamu harus membeli beberapa koin Ethereum (ETH) terlebih dahulu. Cara paling mudah bisa melalui Coinbase atau exchange yang kamu gunakan saat ini. Tapi, sebaiknya beli saat harganya sedang turun.

b. Install MetaMask

Setelah kamu memiliki Ethereum, langkah selanjutnya install MetaMask atau dompet virtual yang berfungsi untuk bertransaksi di CryptoKitties. Silahkan kunjungi situs https://metamask.io/, klik tombol Download atau install sebagai ekstensi Chrome.

Kalau semua sudah diatur, transfer koin ETH ke dompet MetaMask agar bisa digunakan untuk membeli atau menjual karakter Kittens di CryptoKitties.

c. Buat Akun CryptoKitties

Langkah terakhir pada tahap ini adalah membuat akun CryptoKitties. Akses situs https://www.cryptokitties.co/, lalu klik tombol Start warna ungu, isi alamat email dan nickname. Setelah itu, klik Continue.

Selanjutnya, klik Accept atau Setujui pada semua syarat dan ketentuan layanan. Jika sudah, akan muncul jendela pop up MetaMask, klik Masuk agar laman dialihkan ke akun CryptoKitties.

Sekarang kamu sudah berada di platform CryptoKitties, yang artinya pembuatan akun sudah berhasil.

2. Beli Kittens atau Anak Kucing

cryptokitties

Setelah akun jadi, maka tahap selanjutnya adalah membeli Kittens menggunakan beberapa Ethereum yang ada di dompet MetaMask. Untuk harganya sangat beragam, rata-rata dijual sekitar $65.76 per ekor.

Bagi seorang pemula, game NFT CryptoKitties mungkin terlihat tidak menarik. Terlebih dengan fakta bahwa game ini dirancang secara virtual dan kamu tidak bisa berinteraksi maupun melakukan sesuatu terhadap si karakter.

Tetapi, game ini akan sangat menarik setelah kamu mulai terbiasa dan mencari tahu Kittens mana yang langka dan semakin penasaran untuk mendapatkannya.

Sebagai contoh, ada ribuan kucing digital yang tersebar di CryptoKitties, namun berdasarkan keterangan CryptoKittydex, hanya ada 81 kucing “Mainecoon” dan 156 “Jaguar”.

Disamping memiliki nilai pada kelangkaan, ini menjadi semakin menarik setelah kamu mengetahui harga jual kucing digital tersebut. Beberapa yang paling langka bahkan pernah menyentuh angka ratusan Ethereum (saat ini 1 ETH Rp54 juta).

Adapun cara beli kucing di CryptoKitties adalah masuk ke Marketplace, lalu cari kucing yang kamu inginkan. Jika sudah ketemu, klik Buy Now.

Setelah itu kamu akan dapat pemberitahuan dari MetaMask yang meminta untuk mengonfirmasi transaksi.

3. Pelihara dan Membiakkan Kittens

cryptokitties game nft

Perlu diketahui, hanya Dame atau kucing betina yang dapat menyimpan Kittens. Jadi, kalau kamu memiliki kucing jantan (Sire), maka proses pembiakkan tidak bisa dilakukan, kecuali menggunakan jasa Siring yang butuh biaya.

Di CryptoKitties ada yang namanaya Generation, nah di antara semuanya, Generation-0 adalah yang paling berharga karena hanya ada sekitar 50.000.

Nah, jika kamu membiakkan Dame Generation-0 dnegan Sire Generation-0, maka yang dihasilkan adalah CryptoKitty Generation-1.

Pada contoh lain, jika Dame Generation-2 dikawinkan dengan Sire Generation-4, maka akan menghasilkan CryptoKitty Generation-6! Jadi, semakin rendah generasi, maka baya Siring juga semakin mahal.

Nah, kalau kamu tertarik menggunakan layanan Siring, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk ke kolom Pencarian
  • Lalu di bawahnya centang opsi di sebelah Siring
  • Kalau beruntung, kamu akan menemukan Sire yang suka berkembang biak secara gratis
  • Selanjutnya, cari Sire yang kamu inginkan
  • Setelah itu, klik tombol Breed Now
  • Tahap terakhir, pilih Dame yang ingin dikembangkan

Apabila transaksi terkonfirmasi, koin CryptoKitties akan dikirim ke dompet MetaMask. Bagaimana, mudah kan? Meskipun terlihat sulit, namun kamu bisa melihat-lihat fitur yang ada di platform agar terbiasa dengan game NFT ini.

Cara Menghasilkan Uang di CryptoKitties

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang di CryptoKitties? Secara sederhana, kamu mulai dengan membeli dua ekor kucing (jantan dan betina). Kemudian lakukan breeding atau pembiakkan.

Setelah memiliki banyak kucing, kamu bisa menjualnya di Marketplace dengan harga tergantung kelangkaan dan tampilannya.

Semakin untuk CryptoKitty, maka harga jualnya juga semakin mahal. Sehingga memungkinkan kamu dapat keuntungan berkali-kali lipat.

Sejak memulai debut di 2015 lalu, nilai Ethereum terus meningkat, bahkan saat ini berada di urutan kedua di bawah Bitcoin. Selain karena pasokan semakin langka, faktor blockchain game seperti CryptoKitties juga jadi salah satu penyebabnya.

Jadi, itulah ulasan tentang cara bermain CryptoKitties, cara menghasilkan uang, panduan download, serta fitur-fiturnya. Meskipun tidak sepopuler Axie Infinity atau Binemon, namun game NFT yang satu ini bisa jadi pilihan alternatif.